Setiap pelajar sekolah menengah tentu saja memiliki harapan untuk menimba ilmu di kampus terbaik baik di dalam maupun luar negeri. Akan tetapi harapan tersebut tentu saja tidak akan terwujud manakala kita hanya menjadikannya impian dan asa. Tentu saja, untuk menuntaskan harapan yang satu ini kita perlu mempersiapkan diri sedini mungkin. Karena semakin hari persaingan semakin hari persaingan mendapatkan kursi untuk belajar di berbagai perguruan tinggi yang menjadi best university in Indonesia semakin sengit dan sulit.

Ketika memutuskan untuk masuk ke salah satu perguruan tinggi favorit tentu saja secara tidak langsung kita memutuskan untuk berusaha lebih keras lagi sejak saat itu juga. Mempersiapkan diri sedini mungkin dengan belajar yang rajin dan efektif merupakan cara yang terbaik untuk merengkuh impian tersebut. Dengan kita berusaha mempersiapkan diri sedini mungkin menunjukan kesiapan kita bergabung di perguruan tinggi tersebut. Semakin cepat memulai persiapan maka memperluas kesempatan kita mewujudkan keinginan dan rencana tersebut. 

Akan tetapi sebaliknya, semakin kita menunda untuk mempersiapkan diri maka semakin kecil peluang kita bisa mewujudkan keinginan dan rencana tersebut. Bahkan jika perlu, kita mesti berlatih dan belajar untuk akrab dengan soal-soal yang punya tingkat kesulitan yang cukup tinggi sejak masih duduk di kursi sekolah menengah tingkat pertama. Walaupun saat duduk di sekolah menengah tingkat pertama cenderung cepat berubah tujuan tapi setidaknya kita tetap harus berusaha lebih maksimal lagi. Ketika kita ada di tahap maksimal pada jalan apapun yang kita pilih, kita akan mampu.

Persiapan dapat dimulai dengan meningkatkan intensitas belajar melalui bimbingan belajar atau privat, mulai mengerjakan soal-soal SBMPTN yang pernah diuji cobakan, berlatih mengerjakan soal-soal psikotest/ TPA, dan jangan lupa untuk meningkatkan do’a sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Sengit dan sulitnya persaingan untuk bisa duduk di kursi perkuliahan pada kampus yang menyandang gelar best university in Indonesia seperti UI. Hal tersebut menunjukan bahwa pilihan kuliah dalam negeri merupakan pilihan yang tepat karena penerimaan mahasiswa pada berbagai perguruan tinggi di Indonesia mengedepankan kualitas dan berdaya saing.
digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top