Menjaga dan memperhatikan tumbuh kembang anak sejak ia lahir sampai bisa mandiri memang merupakan sebuah tugas besar untuk orang tua. Penjagaan tersebut tidaklah lain adalah memperhatikan kesehatan anak. Menjaga kesehatan jelas penting, apalagi anak-anak yang aktivitasnya tidak menentu sehingga perlu perhatian yang lebih. Terlebih ketika anak sudah mulai banyak beraktivitas seperti sudah menginjak bangku sekolah. Aktivitasnya yang sangat banyak ini cukup beresiko ia terserang penyakit. Maka dari itu, ibu dan ayah harus tetap selalu memperhatikan aktivitas hariannya dan menjaga kesehatan anak. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam upaya menjaga kesehatan si kecil ketika sudah mulai banyak aktivitas.

pola makan yang baik bagi kesehatan anak


Memperhatikan Nutrisi Setiap Hari
Tips pertama adalah jaga dan perhatikan asupan nutrisi harian anak. Apakah konsumsi makanannya sehari-hari sudah mengandung nutrisi yang diperlukan oleh si kecil. Untuk ibu terlebih yang biasanya menyiapkan makan, cobalah untuk siasati dengan memberikan aneka sayuran di setiap harinya secara bergantian agar tidak bosan. Selain itu juga perhatikan porsi makannnya agar tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Kemudian juga ajak anak untuk membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun pencuci tangan terbaik seperti Lifebuoy saat sebelum makan.

Hindarkan dari Stress atau Cemas yang Berlebih
Ada sebagian anak yang ketika hendak memasuki dunia sekolah atau bahkan sudah bersekolah merasa cemas ataupun takut lantaran juga ia akan masuk di lingkungan yang baru. Tips untuk tetap menjaga kesehatan anak dalam hal ini adalah anda bisa menghiburnya seperti mengajak jalan-jalan ke tempat rekreasi favorit anak kertika beberapa hari sebelum si kecil masuk sekolah.

Ajarkan Kebiasaan Hidup Bersih
Kebersihan juga jelas menjadi satu faktor yang mempengaruhi kesehatan. Maka, untuk menjaga kesehatan anak juga perlu untuk mengajarkannya agar membiasakan diri menjalani hidup yang bersih. Membiasakan hidup bersih ini bisa diaplikasikan dengan rutin mandi minimal 2 kali pagi dan sore menggunakan sabun anti bakteri terbaik seperti Lifebuouy, kemudian rutin cuci tangan di beberapa waktu tertentu seperti saat sebelum dan sesudah makan, seusai beraktivitas, seusai dari toilet, sesusai batuk ataupun bersin dan lain sebagainya. Selain itu juga bisa ajarkan anak untuk membersihkan lingkungan sekitarnya seperti membersihkan tempat tidur.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top