Indonesia adalah Negara agraris atau Negara pertanian. Sumber daya atau kekayaan alam hasil tani melimpah dan banyak tumbuh di Indonesia. sehingga hal ini sedikit banyak mempengaruhi ke dalam resep makanan indonesia. banyak sekali makanan khas indonesia yang terbuat dari bahan dasar sayur atau dihasilkan dari hasip pertanian. Makanan khas Indonesia biasanya dipengaruhi oleh budaya dan kebiasaan serta kekayaan alam masyarakat setempat. Oleh sebab itu makanan Indonesia ada beraga, selain beragam bentuk beragam pula rasa dan namanya.

Berikut ini ada beberapa resep makanan Indonesia yang berbahan dasar sayuran. Mungkin nama masakan di bawah ini berbeda di setiap wilayah Indonesia, namun disini hanya akan disebutkan nama makanan yang umumnya saja, yaitu :

Sayur lodeh
Masakan ini terbuat dari beberapa jenis sayuran di dalamnya. Yaitu ada kacang panjang, ada lobak, tempe. Ketiga jenis sayuran itu dipotong potong sama. Kemudian setelah itu direbut hingga matang , jangan lupa ditambahkan air perasan kelapa. Air perasan kelapa merupakan salah satu bumbu utama yang menjadi khas dalam resep makanan indonesia. setelah itu tambahkan aneka bumbu dapur seperti garam, merica, dan lain sebagainya.

Sayur sop
Sayur sop ini termasuk sayur yang di dalamnya ada banyak sayuran yang disertaan. Lebih dari tiga sayuran bahkan. Sayuran – sayuran yang terdapat di dalam sayur sop di antaranya adlah kubis, wortel, buncis, kentang, bunga kol. Untuk menambahkan rasa gurih bisa ditambahkan daging ayam, daging sapi, ataupun baso. Cara memasaknya sama yaitu dorebus hingga matang, diberi bumbu. Bedanya dengan sayur lodeh, sayur sop tidak dimasak dengan air perasan kelapa, akan tetapi dibiarkan bening, hanya ditambah beberapa daun seledri untuk menambah harum masakan.

Tumis kangkung
Kangkung memang banyak tumbuh di Indonesia. tumbuhan hijau ini sangat lezat jika dihidangkan dalam bentuk tumisan. Untuk menumis kangkung, anda perlu mencuci bersih terlebih dahulu kangkung. Kemudian tumis berserta dengan potongan bawang merah, bawang putih, tambahan garam. Jika ingin ada rasa pedas, anda bisa menambahkan potongan cabe rawit dan juga cabe merah ke dalamnya.
digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top