Anda takut makan jengkol karena aroma dari jengkol tersebut yang tajam setelah selesai memakannya? Sekarang ini anda tidak perlu takut karena terdapat tip memasak jengkol agar jengkol yang sudah diolah enak dan juga juga tidak bau.

Untuk tips yang pertama yaitu sebelum anda mengolahnya menjadi masakan yang enak, jengkol tersebut harus direndam. Proses perendaman tersebut bertujuan agar bau tidak sedap pada jengkol bisa berkurang selain itu juga bisa menetralisir racun yang terdapat pada jengkol. Untuk perendaman, anda bisa menggunakan air es. Untuk waktu perendaman agar hasilnya maksimal, anda bisa merendamnya selama semalaman. Ataupun juga anda bisa merendamnya dengan menggunakan air kapur sirih. Dengan perendaman ini, maka bau pada jengkol bisa berkurang.

Untuk tips yang kedua yaitu rebuslah jengkol dengan menggunakan daun jeruk purut ataupun juga daun jambu biji. Untuk proses perebusan dengan menggunakan daun jeruk purut, anda bisa mengiris-iris daun jeruk purut dan memasukkan irisan daun jeruk purut tersebut pada rebusan jengkol. Kemudian untuk proses perebusan dengan menggunakan daun jambu biji, sama seperti merebusnya dengan daun jeruk purut .

Untuk tips yang ketiga yaitu proses perebusan yang tepat, yaitu diusahakan ketika merebus jengkol tidak terlalu matang. Sehingga ketika memipihkan jengkol tidak hancur. Selain itu juga jika jengkol dipipihkan, maka bumbu akan meresap dengan sempurna.
Berikut ini merupakan tip memasak jengkol. Untuk bumbu-bumbu yang harus disiapkan diantaranya yaitu bawang putih, bawang merah, kemiri, cengkeh, pala, merica, gula Jawa, Garam, Kecap manis dan juga penyedap Rasa Indofood Magic Lezat. Untuk cara memasaknya, anda tumis bumbu yang sudah dihaluskan kemudian masukkan jengkol dan tambahkan air secukupnya. Untuk menambah rasa, anda bisa menambahkan garam, penyedap rasa, gula jawa dan juga cengkeh. Dan tambahkan kecap manis. Tunggu sampai air menyusut dan bumbu meresap. Dan jengkol pun siap untuk disantap.

Untuk informasi tentang tips-tips yang lainnya tentang masakan, anda bisa mencarinya di NICI (Nestle Indofood Citarasa Indonesia).
digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top