Ikan kembung selain mudah dimasak menjadi ikan kembung goreng juga bisa Anda masak dengan bumbu gulai. Gulai ini bisa Anda kreasikan dengan pedas atau tidak. Sehingga akan bisa menjadi resep masakan Indonesia bernama gulai ikan kembung. Resep ini diadaptasi dari resep gulai kepala ikan. Gulai kepala ikan yang ada di masakan Padang ini, sangat bisa menjadi alternatif masakan populer yang bisa Anda coba.

Resep masakan Indonesia yang terinspirasi dari masakan Padang ini bisa Anda jadikan menu favorit keluarga Anda. Masakan ini jauh lebih sehat karena ikannya direbus. Masakan ini membuat Anda berasa sedang berada di Padang. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain. Ikan kembung ukuran besar yang sudah dicuci bersih. Kemudian bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, daun jeruk, santan kental, lengkuas, daun salam dan cabe. Jangan lupakan gula dan garam secukupnya. Cara membuatnya cukup mudah. Ikan kembung yang sudah dibersihkan dan dicuci bersih, Anda lumuri dengan jeruk nipis agar tidak amis. 

Kemudian rebus hingga tekstur daging ikan lembut. Kemudian siapkan bumbu halus yang terdiri dari garam, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, daun jeruk. Tumbuk hingga halus. Setelah halus, tumis bumbu halus tersebut hingga harum. Kemudian tambahkan serai yang sudah digeprek. Tumis bumbu hingga harum, dan tambahkan sedikit air rebusan ikan agar rasa masakan Anda lebih sedap. Kemudian ikan yang sudah direbus dimasukkan dan aduk hingga rata. Tunggu hingga air surut dan tambahkan santan kental sedikit dan aduk hingga air menyusut. Kemudian Anda bisa masukkan cabe rawit sebagai pelengkap dan membuat gulai Anda lebih pedas.

Setelah matang angkat dan sajikan selagi hangat. Gulai ini nikmat dengan nasi hangat. Resep masakan Indonesia ini sangat cocok untuk santap siang Anda lebih istimewa. Jangan lupa tambahkan bumbu gulai dari PT.Nestle Indofood Citarasa Indonesia agar gulai ikan Anda lebih nikmat. Anda bisa memasak masakan gulai ini jika Anda ingin jalan-jalan ke kota Padang di atas meja makan Anda. Sensasi pedas gulai ikan membuat acara makan lebih special.
digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top