Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan rohani. Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapat dari berolahraga, seperti mencegah dari berbagai jenis penyakit, dapat mengontrol berat badan, dapat meningkatkan energi dan lain sebagainya. Namun tahukah anda selain dapat menyehatkan tubuh, olahraga juga sangat baik bagi perkembangan otak. Dengan berolahraga secara rutin, akan membuat kita lebih cerdas dan juga dapat mencegah kita dari kepikunan di usia muda. Selain itu, masih banyak lagi manfaat olahraga yang berkaitan langsung dengan otak. Bagi anda yang ingin mengetahuinya, berikut kami akan memberikan beberapa informasinya untuk anda.

Olahraga dapat memacu pertumbuhan otak
Semakin bertambahnya usia, tentu jaringan yang terdapat pada otak akan semakin menyusut. Sedangkan, pertumbuhan sel dan juga jaringan otak yang baru akan semakin lambat. Nah dengan melakukan olahraga secara rutin, akan memperlambat kematian sel-sel otak yang lama dan juga akan memperpanjang usia otak. Anda bisa mencoba olahraga kardio, karena manfaat olahraga yang satu ini dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga pasukan oksigen pada otak akan semakin lancar.

Olahraga dapat meningkatkan daya ingat
Selain dapat memacu pertumbuhan otak, olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan daya ingat kita. Menurut penelitian, jika anda sering bersepeda ataupun berjalan kaki secara rutin selama enam bulan sampai satu tahun dampaknya akan sangat baik pada otak yaitu dapat meningkatkan daya ingat serta dapat meningkatkan kemampuan anda dalam menyelesaikan masalah.

Olahraga dapat meningkatkan kreativitas
Selain dapat meningkatkan kecerdasan, olahraga juga dapat meningkatkan kreativitas. Para peneliti telah membuktikan bahwa dengan berolahraga maka akan meningkatkan fungsi kognitif secara umum termasuk kreativitas. Ini dikarenakan setelah berolahraga kadar kortisol pada otak akan menurun sedangkan hormon endorfin akan meningkat. Hormon endorfin akan memberikan efek seperti rasa nyaman dan juga senang, dengan begitu akan menambah kreativitas dalam berpikir

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari olahraga untuk otak anda. Maka dari itu, jangan lupa olahraga secara rutin agar otak semakin cerdas serta tercegah dari kepikunan di usia muda. Semoga bermanfaat!
digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top