Lingkungan sekitar sangat mempengaruhi tumbuh kembang dan kecerdasan buah hati. Selain itu, hal paling penting adalah pola asuh anak dari orang tua menjadi penentu kepribadian dan kecerdasan si kecil di masa depan kelak. Pola asuh dari orang tua tidak hanya terpaku pada pendidikan yang secara sengaja diberikan, namun juga perilaku sehari-hari yang meliputi bahasa dan sikap orang tua menjadi contoh nyata bagi anak, yang pasti akan ditiru oleh anak anda. 

Sebagaimana dalam ilmu pendidikan dikatakan bahwa anak merupakan peniru yang sempurna, setiap tindak tanduk anda akan dicontoh oleh anak anda saat ia bergaul bersama teman-temannya. Berikut ini beberapa pola asuh buah hati agar ia menjadi anak yang cerdas:

Bebaskan si kecili untuk mengeksplorasi sekitarnya

Lingkungan sekitar merupakan arena belajar yang luas bagi anak untuk belajar berbagai hal. Eksplorasi secara langsung di alam dapat memicu buah hati untuk selalu bergerak aktif dan meningkatkan rasa ingin tahu, sehingga anak semakin banyak tahu. Anda bisa mengajak anak untuk mengeksplorasi lingkungan seperti menyusuri sungai dan mengenal tentang sifat air, dan lain-lain.

Ikuti minat buah hati

Untuk mengetahui potensi buah hati di bidang apa, anda bisa terus mendukung kegiatan anak di berbagai bidang yang ia sukai. Jika perlu, anda bisa mendampinginya beraktivitas, bahkan ikut berlatih dan menjadi teman yang menyenangkan saat ia berlatih.

Fasilitasi anak agar memiliki pengetahuan tentang dunia dan isinya

Agar anak memiliki pengetahuan tentang dunia dan isinya, anda bisa menyediakannya fasilitas pendukung dan memberinya kesempatan untuk mengenal dunia serta seluruh aspek kehidupan. Hal ini akan membuat buah hati memiliki pandangan terbuka terhadap berbagai hal baru.

Bacakan berbagai buku pengetahuan secara rutin

Untuk menanamkan minat baca pada anak, anda bisa membiasakan untuk membaca buku pengetahuan dengan suara yang nyaring dan cara yang menyenangkan. Selain itu, rutin membacakan buku kepada anak juga bertujuan agar anak dapat menyerap pengetahuan dari buku untuk mendukung minatnya.

Itulah beberapa cara pola asuh anak yang bisa anda lakukan untuk mendukung tumbuh kembang dan kecerdasan buah hati, selamat mencoba!
digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top