Ketahui Penyebab Bayi Susah Tidur
 Bagi setiap manusia, tidur merupakan salah satu aktivitas yang bisa mengistirahatkan diri dari berbagaia ktivitas. Memenuhi kebutuhan tidur berarti memenuhi hak tubuh untuk mendapatkan istirahat dan jeda dalam beraktivitas. Pada setiap usia manusia, kebutuhan waktu untuk tidur cukup bervariasi. Pada usia bayi dan balita kebutuhan tidur bisa sampai 15-16 jam per satu harinya.

Mencukupi kebutuhan tidru bayi berarti juga menunjang terhadap kelancaran tumbuh kembangnya. Karena apabila bayi mengalami gangguan saat tidrunya itu artinya akan ada gangguan trhadap proses tumbuh kembangnya. Sehingga apabila bayi mengalami susah tidru sesegera mungkin orang tua mengambil tindakan untuk mengatasinya. Ada banyak hal yang menjadi penyebab bayi susah tidur, berikut ini anda bisa kenali hal tersebut utnuk menentukan tindakan yang tepat dalam mengatasi bayi yang susah tidur.
Bayi sedang merasa lapar atau haus
Walau waktunya tidur, terkadang bayi yang kebutuhan makan dan minumnya belum tercukupi akan mengalami kesulitan dalam tidur. Kesulitan tidur yang dialami bayi tersebut dikarenakan bayi merasakan hal lapar dn haus, akan tetapi bayi belum bisa mengemukakannya sehingga wajar saja apabila dia gusar dan reel sehingga tidak bisa tidur.

Tubuh bayi tidak segar
Usia bayi merupakan usaia diamna produksi keringat cukup tinggi, hal tersebut disebabkan akrena bayi belum punya banyak bulu yang bisa menangkal keringat tersebut. Banyaknya keringat dan suhu yang terlalu panas membuat bayi menjadi tidak nyaman untuk diam apalagi untuk tidur.

Untuk mebantu memberikan rasa nayaman pada bayi sebainya sebelum jam tidur anda membersihkan bayi terlebih dahulu dengan cara di waslap setelah itu jangan langsung pakaikan baju akan tetapi pakaikanlah bedak terlebih dahulu. Pakaikan bedak yang memberikan efek seggar dan digin seperti bedak jhonson and jhonson yang akan membuat bayi segar dan nyaman sehingga dia akan bisa nyaman untuk tidur.

Bayi mengalami gigitan nyamuk
Nyamuk bsangat mungkin muncul dimana saja dan kapan saja, dan nyamuk sangat sendang sekali dengan kulit dan darah bayi sehingga nyamuk sangat suka mengigit kulit bayi. Adanya gigitan nyamuk pada kulit bayi tentu saja membuat bayi tidak aman karena gigitan nyamuk tersbeut menimbulkan gatal.

Bayi tidak nyaman dengan pakaiannya
Ketidaknyamanan pakaian yang digunakan bayi bisa jadi penyebab bayi susah tidur. Oleh karenanya, pilihlah pakaian bayi yang berbahan lembut, nyaman dipakai, dan tidak membuat bayi gerah hindarkan penggunaan pelembut pakaian pada pakaian si kecil.

Jangan lupa juga perhatikan ukuran pakaian yang dipakainya, jangan pakaikan baju yang terlalu kecil atau juga terlalu besar karena hal tersebut akan membuat anak menjadi gelisah dan tidak nyaman sehingga membuat anak tidak bisa tidur.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top