Breaking

3 Tips Agar Tubuh Anda Tidak Pegal Saat Bangun Pagi

Bangun Pagi
Terkadang tubuh terasa pegal saat kita bangun tidur di pagi hari. Hal ini tentu tidak memberikan kenyamanan dalam memulai aktivitas, bahkan mungkin, Anda malah akan melanjutkan tidur kembali. Berharap saat terbangun nanti, rasa pegal tersebut sudah sirna. Melewatkan bangun pagi yang sebenarnya memiliki segudang manfaat bagi tubuh dan kesehatan Anda.

Sebenarnya, saat Anda merasa pegal ataupun kelelahan saat bangun pagi, hal ini bisa jadi disebabkan oleh pola tidur Anda yang buruk. Tubuh memiliki ritme-nya tersendiri setiap harinya atau lebih dikenal dengan ritme sikardian. Selain itu, hal lain yang bisa menyebabkan rasa linu saat bangun tidur adalah dehidrasi, dan gula darah rendah.
Bangun Pagi
Saat merasakan kaku dan sakit di sekujur tubuh dan pagi sudah menghampiri, tahan diri Anda untuk kembali terlelap. Lakukan empat hal ini agar badan tidak terasa pegal dan sakit saat bangun tidur.

1. Mengubah posisi tidur
Dengan posisi tidur yang tepat dan membuat nyaman, akan menghindarkan Anda merasakan sakit saat bangun tidur. Cobalah cari posisi berbeda saat tidur, jika sebelumnya merasakan sakit saat bangun. Boleh mencoba posisi miring ataupun telentang, tapi sebaiknya jangan tidur dalam keadaan tengkurap. Karena posisi seperti ini akan membuat leher menjadi kaku dan sakit.

2. Bantal yang tepat
Jangan asal memilih bantal yang kita jadikan penopang kepala saat tidur. Pilihlah bahan yang tepat dan membuat kepala terasa nyaman. Bantal yang padat namun tetap terasa empuk, serta mampu mempertahankan posisi kepala selama Anda terlelap adalah pilihan yang tepat.

3. Atur temperatur kamar tidur
Jika kamar tidur Anda menggunakan pengatur suhu ruangan, baik itu AC atau kipas angin, sebaiknya atur dengan tepat. Jangan sampai suhu ruangan menyebabkan Anda kepanasan sehingga selalu bergerak gelisah selama tidur, atau malah menggigil kedinginan karena temperatur terlalu dingin. Akibatnya tubuh akan terasa kaku dan otot terasa menenggang keesokan harinya.

Itu tadi 3 hal yang membuat tubuh Anda terhindar dari rasa sakit saat bangun pagi. Anda juga bisa mandi air hangat sebelum tidur untuk melancarkan peredaran selama tidur. Semoga bermanfaat!

No comments:

Powered by Blogger.