Breaking

Langkah Awal untuk Perencanaan Keuangan

Langkah Awal untuk Perencanaan Keuangan
perencanaan keuangan

Selalu ada momen dalam hidup saat Anda harus melakukan pengeluaran yang tidak sedikit, misalnya setelah bulan Ramadhan, kembali dari travelling atau setelah melewati pesta pernikahan. Apabila kondisi keuangan Anda teratur, keadaan yang ideal tentunya adalah Anda masih memiliki finansial yang cukup. Mengapa? Karena semua pengeluaran tersebut sudah Anda rencanakan sebelumnya. Apabila Anda harus berakhir dengan membayar tagihan kartu kredit yang membengkak dan tidak sabar menunggu-nunggu tanggal gajian selanjutnya karena keuangan pun makin menipis, sudah waktunya kondisi ini Anda ubah. 

Setelah melakukan pengeluaran yang banyak tersebut gajian selanjutnya yang Anda terima adalah kesempatan untuk memulai kembali perencanaan keuangan dari nol. Coba untuk memulai mereset keuangan Anda sehingga setiap pengeluaran besar yang akan Anda lakukan di masa depan bisa terencana. Mulailah membuat perencanaan keuangan Anda dengan tiga langkah berikut:


Pertama, catat setiap pengeluaran dan pemasukan. Mulai biasakan untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan. Anda bisa melakukan ini dengan menggunakan aplikasi, melalui Excel Sheet atau memakai buku catatan. Untuk pengeluaran yang Anda lakukan dengan uang tunai, simpan struk yang Anda terima, lalu catat angka yang Anda keluarkan. Atau Anda bisa menggunakan aplikasi Jenius. Karena pengeluaran dan pemasukan Anda sudah tercatat di In & Out.

Kedua, buat budget untuk setiap pengeluaran. Mulai kategorikan pengeluaran bulanan Anda. misalnya untuk transportasi, konsumsi, shopping, hobi, atau pengeluaran lainnya dan buat alokasi budget untuk masing-masing kategori. Anda juga bisa membagi alokasi pengeluaran dalam weekdays atau weekend. Semua tinggal disesuaikan sesuai dengan gaya hidup. Selanjutnya, Anda harus berkomitmen terhadap budget yang sudah dibuat tersebut. Dengan begitu, pengeluaran Anda akan lebih terjaga.

Ketiga, hindari pengeluaran yang tidak perlu. Selalu berpikir dua kali sebelum melakukan pengeluaran. Pastikan kembali apakah Anda memang memerlukan barang tersebut atau tidak. Anda juga bisa mulai membuat daftar belanja sebelum ke supermarket atau ke mall. Hal tersebut akan membantu Anda dalam perencanaan keuangan yang lebih baik. Juga terhindar dari membeli lebih dari yang seharusnya.

No comments:

Powered by Blogger.