Breaking

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Online BFI Finance

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Online BFI Finance
simulasi bfi finance

Dalam mengajukan pinjaman, baik konvensional seperti di bank maupun pinjaman online, hal yang umum diperhatikan ialah jumlah angsuran yang harus dibayar setiap bulannya. Jumlah angsuran merupakan perhitungan dari jumlah pinjaman ditambah bunga yang dibebankan kepada nasabah atas kredit tersebut.

Terkadang sebagian orang acuh dengan bunga pinjaman. Pada kenyataannya perhitungan bunga bisa berpengaruh pada nilai total pinjaman. Perhitungan bunga sendiri sebenarnya dapat dilakukan melalui simulasi BFI Finance sebelum Anda fix mengajukan pinjaman.


Cara Menghitung Bunga Pinjaman
Setiap jenis kredit memiliki cara perhitungan bunga sendiri, maka sebelum mengajukan kredit sebaiknya Anda mengetahui cara menghitung persentase bunga pinjaman. Tujuannya untuk memeriksa kebenaran perhitungan bunga yang ditetapkan pada kredit Anda.

Dengan memiliki informasi perhitungan bunga, maka Anda dapat menganalisa berapa besar cicilan atau angsuran yang dibebankan. Dengan begitu, Anda bisa mengatur keuangan secara lebih optimal. Untuk perhitungan bunga sendiri, berikut akan diuraikan 2 cara yang paling umum.

Bunga Flat
Cara penghitungan bunga flat dapat dikatakan yang paling mudah dan sederhana. Kredit yang memiliki sistem perhitungan bunga flat ini memiliki nilai bunga beserta plafon yang akan dihitung secara seimbang sesuai dengan tenor pinjaman atau jangka waktu. Jenis perhitungan bunga ini adalah flat, dengan demikian angsuran tidak akan mengalami perubahan atau tetap.

Bunga Efektif
Untuk perhitungan bunga efektif, jumlah angsuran semakin lama semakin sedikit. Cara perhitungannya yaitu disesuaikan dengan sisa jumlah total pinjaman. Sistem bunga ini biasanya populer dalam pengajuan kredit jangka panjang, seperti kredit investasi atau KPR. Dengan berjalannya waktu, beban bunga yang harus dibayarkan nilainya semakin berkurang dan lebih kecil apabila dibandingkan dengan bunga flat.

Nah, demikianlah dua cara melakukan perhitungan bunga yang sering diterapkan para pemberi pinjaman. Jangan lupa untuk menyesuaikan pinjaman dengan kondisi keuangan serta kemampuan Anda, supaya tidak terjadi masalah kedepannya. Untuk memberikan pertimbangan, Anda juga dapat melakukan simulasi BFI Finance dalam hal melihat perhitungan bunga.

No comments:

Powered by Blogger.