Munculnya banyak aplikasi keuangan Android seperti Kesles, yang membuat Anda bisa membayar tanpa harus membawa uang tunai atau kartu kredit dan debit, membuat suatu tren yang baru. Jika semakin banyak orang yang menggunakannya, bisa jadi nantinya Anda tak perlu lagi membawa dompet, karena semua hal, dari mengecek rekening, transfer, sampai membayar, semua bisa dilakukan via smartphone.

Apa saja keuntungan jika menggunakan aplikasi keuangan untuk Android dan memutuskan untuk go cashless? Ini dia beberapa di antaranya:

   1.       Mudah di-tracking
Semua transaksi yang Anda lakukan lewat aplikasi seperti Kesles sudah tercatat, sampai serinci mungkin. Anda bisa mencetaknya dan mengarsipkannya untuk merencanakan anggaran berikutnya.
   2.       Poin
Anda mendapatkan poin untuk setiap transaksi yang Anda lakukan lewat aplikasi, dan ini bisa dikumpulkan, dan kemudian ditukar dengan diskon ataupun promosi lain.
   3.       Praktis dan nyaman
Anda tak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak ataupun dompet Anda. Cukup menggunakan ponsel, dan Anda bisa melakukan pembayaran.
   4.       Aman
Karena Anda tak membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak, maka Anda tidak beresiko menjadi target untuk penodongan atau perampokan.

Namun, Anda juga harus memperhatikan tantangan yang kemungkinan akan Anda hadapi ketika menggunakan aplikasi pembayaran seperti ini, misalnya saja:

  • Tak ada sambungan internet – padahal untuk bisa membayar, kedua ponsel (dari Anda dan kasir), harus mendapatkan koneksi.
  • Tidak merasa belanja banyak – karena Anda tak bisa melihat langsung uang tunai ditukarkan dengan barang belanjaan, Anda jadi tidak begitu menyadari bahwa Anda sudah melakukan transaksi dalam jumlah yang besar.
  • Masih terbatas – belum semua merchant bekerja sama dengan provider aplikasi, sehingga belum tentu Anda bisa memanfaatkan aplikasi tersebut.
Jadi seperti Anda lihat, kemajuan teknologi baru yang mendorong aplikasi keuangan Android semakin marak adalah hal yang positif untuk ke depannya. Namun dalam masa transisi seperti sekarang ini, masih ada beberapa hal yang perlu Anda cermati. Selama Anda tahu persis kelebihan dan halangan yang mungkin muncul, Anda bisa memutuskan untuk menggunakan aplikasi ini atau tidak.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top