Beragam Ciri-Ciri Buah Yuzu Citrus yang Menyegarkan
Mendengar nama buah yuzu bagi sebagian besar orang Indonesia mungkin masih terasa asing, hal ini wajar terjadi karena buah yuzu memang bukanlah buah asli tanah air, akan tetapi merupakan buah yang asal-muasalnya dari daratan negara di Asia Timur. Buah yuzu sendiri termasuk dalam keluarga buah citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan yang lainnya. Namun untuk yuzu ini memiliki ciri ciri buah yuzu citrus yang khas dan tentunya sangat menyegarkan saat diolah untuk dikonsumsi.

Buah yang sekarang ini tumbuh subur di negara Jepang memiliki ciri-ciri yang kalau dilihat sekilas mirip dengan buah lemon dengan bentuk buahnya yang bulat lonjong dan besarnya di bawah buah jeruk. Secara lebih lengkapnya dari ciri ciri buah yuzu citrus ini berikut diantaranya.

Aroma buah yang kuat. Aroma dari buah yuzu citrus ini hampir seperti lemon, akan tetapi untuk buah yuzu aromanya sangat kuat sekali. Hal ini bisa karena kandungan dalam buah yuzu sendiri yang kaya akan vitamin C yang tinggi, bahkan menurut penelitian kandungan vitamin C buah yuzu lebih tinggi sampai tiga kali lipat dibandingkan dengan buah lemon.

Warna buah. Saat masih muda buah yuzu hampir seperti buah jeruk yang lainnya yaitu hijau, akan tetapi saat buah yuzu telah matang warnanya menjadi kuning atau ada juga yang menyebutkan kuning ke oranyean. Akan tetapi untuk warna ini lebih dominan warna kuningnya.

Rasa buah. Karena kandungan vitamin C yang tinggi dari buah yuzu maka untuk rasanya menjadi masam, sehingga untuk dikonsumsi buah ini lebih cocok diolah terlebih dahulu seperti menjadikannya jus atau sekarang ini telah ada minuman dari buah yuzu dengan nama Yuzu yang merupakan minuman menyegarkan dan memiliki banyak manfaat.

Bentuk buah. Bentuk buah yuzu hampir sama dengan bentuk buah lemon, namun pada buah yuzu bentuknya bulat tidak beraturan dengan beberapa benjolan kecil pada kulit buahnya. Selain itu untuk kulit buah yuzu juga kasar sehingga jika anda memperhatikan dengan seksama akan lebih mudah untuk diperhatikan.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top