Banyak orang yang memiliki pikiran keliru bahwa setiap penderita penyakit diabetes harus menghindari buahan-buahan untuk dikonsumsi. Padahal pada kenyataannya buah memiliki kandungan yang baik dan penting bagi tubuh seperti mineral, vitamin, serat dan lainnya. Meskipun demikian, dalam menkonsumsinya haruslah berhati-hati dan mengetahui indeks glikemik pada buah tersebut. Indeks glikemik adalah merupakan sebuah ukuran seberapa cepat suatu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat diubah menjadi glukosa. Indeks glikemik di bawah 50 merupakan angka yang normal bagi setiap penderita diabetes, dan berikut akan saya paparkan beberapa jenis buah sebagai makanan untuk gula darah yang cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes:

 1 . Buah Berry
Semua jenis buah berry memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan yang terdapat pada buah-buahan tersebut seperti vitamin C, asam folat dan kandungan tinggi seratnya menjadikannya sebagai buah yang memiliki indeks glikemik rendah jika dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Buah ini sangat baik dalam membantu sistem pencernaan dan penyerapan sukrosa yang juga membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah. Jadi konsumsilah buah berry karena baik bagi setiap penderita penyakit gula darah,

 2 . Apel Buah
Yang satu ini merupakan jenis makanan untuk gula darah yang aman untuk dikonsumsi selain buah berry. Apel memiliki kandungan yang tinggi akan serat serta memiliki kandungan lainnya seperti vitamin dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Usahakan untuk memakan buah yang satu ini dengan kulitnya karena pada bagian kulit dari apel memiliki kandungan pectin yang mampu membantu detoksifikasi tubuh dan menghilangkan produk limbah yang berbahaya.

3 . Jeruk Bali
Buah yang satu ini banyak dijual di berbagai swalayan atau pasar tradisional dengan harga yang terjangkau. Kandungan yang terdapat pada jeruk yang satu ini sangat baik untuk penderita diabetes seperti vitamin C dan memiliki peringkat indeks glikemik pada angka 25. Kandungan naringen flavonoid yang terdapat pada jeruk bali ini mampu membantu menyeimbangkan kadar glukosa dan insulin dalam darah. Penelitian bahkan pernah menunjukan bahwa makan satu atau 2 porsi buah tersebut setiap hari dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe 2.
digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top