Pengertian Keluarga Harmonis dan Bahagia   - Keluarga merupakan kelompok atau lingkup terkecil dalam kehidupan yang sangat penting bagi semua orang. Keluarga inti terdiri dari ayah selaku kepala keluarga, ibu dan juga anak. Setiap anggota keluarga memiliki peran yang sangat penting demi terwujudnya keluarga yang bahagia. Pengertian keluarga yang bahagia itu sendiri adalah adanya ikatan batin yang kuat antar setiap anggota keluarga yang menciptakan keharmonisan dalam lingkup keluarga. Demi mewujudkan keluarga yang harmonis dan bahagia, ada banyak hal yang harus dilakukan.

Pengertian Keluarga Harmonis dan Bahagia


Semua orang tentu menganggap bahwa keluarga adalah anugerah dan harta terindah di dunia yang telah Tuhan berikan pada manusia. Makna dan arti dari keluarga tentu tidak ada tandingannya dan tidak bisa dibandingkan dengan harta berupa materi dan yang lainnya. Keberadaan keluarga menjadi penyemangat hidup yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia tentu menjadi cita-cita dan harapan yang ada di benak semua manusia. Karena itulah berupaya untuk mewujudkan keluarga yang harmonis dan bahagia perlu dilakukan dari sekarang.


Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menciptakan keluarga yang bahagia dan harmonis dalam rumah tangga, yaitu:

  1. Luangkan waktu untuk bercengkrama bersama, berdiskusi dan bercanda gurau di sela-sela kesibukan.
  2. Ciptakan suasana rumah yang nyaman dan tentram sehingga kebersamaan keluarga akan semakin mudah untuk diciptakan.
  3. Tingkatkan kekompakan dan saling mensupport antara satu dengan lainnya.
  4. Perbanyak waktu untuk berkomunikasi agar hubungan kekeluargaan semakin erat.
  5. Selesaikan setiap masalah dalam keluarga dengan baik dan dibicarakan bersama-sama.

Selain itu, hal penting lainnya yang harus dilakukan untuk menciptakan dan merasakan pengertian keluarga yang bahagia dan harmonis adalah saling memberikan perhatian dan kasih sayang antar anggota keluarga. Memberikan perhatian dan kasih sayang pada anak atau sebaliknya dalam keluarga sangatlah berpotensi menciptakan keharmonisan dan hubungan yang baik dan menyenangkan. Suasana kumpul dan kebersamaan keluarga akan menjadi sesuatu yang selalu dirindukan. Adanya komunikasi yang berjalan lancar dan hubungan dalam keluarga yang semakin erat dapat mewujudkan keluarga idaman yang bahagia.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top