Transaksi menggunakan uang elektronik atau dengan mobile payment semakin populer saja sekarang ini. Bagaimana tidak, dengan segala kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkannya? Aplikasi Kesles misalnya, menawarkan alternatif pembayaran selain menggunakan kartu kredit atau debet dengan menggunakan e-wallet. Anda tinggal register di aplikasinya, mengisi saldo rekening, dan transaksi dilakukan dengan men-scan QR code yang dikirimkan.


Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dari menggunakan aplikasi seperti Kesles ini. Kemudahan pembayaran, tidak lagi perlu membawa-bawa uang tunai dalam jumlah besar, kesempatan untuk mendapatkan potongan harga, dan akumulasi poin adalah beberapa hal yang bisa Anda dapatkan. Tak hanya itu saja, transaksi elektronik tanpa uang tunai ini juga akan membuat ekonomi lebih aktif, dan pada akhirnya membuat ekonomi Indonesia semakin bertumbuh.

Namun beberapa isu tentang penggunaan sistem ini harus tetap diladeni. Inilah caranya menggunakan pembayaran elektronik agar Anda tak menemui kesulitan:

   1.       Pastikan bahwa merchant menerima pembayaran elektronik
Karena tidak semua merchant menerimanya, bahkan yang mempunyai tanda khusus sekalipun. Beberapa faktor juga bisa membuat kasir tak akan menerima pembayaran Anda, jadi bertanyalah dulu.
   2.       Periksa input dan saldo
Ketika Anda membayar dengan uang elektronik tersebut, pastikan bahwa kasir sudah memasukkan nominal yang tepat, tidak kurang atau tidak lebih. Periksa juga sisa saldo di rekening setelah Anda berbelanja untuk memastikan bahwa pembayaran telah valid.
   3.       Isi ulang saldo dalam jumlah wajar
Tak perlu mengisi ulang saldo Anda dalam jumlah yang terlalu besar sekaligus, tetapi dalam jumlah wajar saja namun rutin. Anda akan lebih tak terbebani.
   4.       Jaga kerahasiaan baik-baik
Perlakukan sistem ini seperti Anda memperlakukan uang tunai dan kartu ATM Anda. Jaga kerahasiaannya, simpan password dengan hati-hati, sehingga tak ada yang menyalahgunakannya.

Menggunakan pembayaran elektronik seperti Kesles memang memberikan banyak keuntungan. Tetapi dalam penggunaannya, yang menentukan aman tidaknya transaksi yang Anda lakukan sebagian adalah tanggung jawab Anda. Jika Anda tidak menjaga kerahasiaan akun Anda, ataupun tidak mengisi saldo rekening tepat waktu dalam nominal yang disyaratkan, maka kesulitan bisa saja muncul di saat Anda bertransaksi.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top