Menerapkan Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Serangan Jantung - Menjaga tubuh tetap sehat merupakan tanggung jawab pribadi yang harus dijaga. Memiliki tubuh yang sehat dan bugar menjadi modal berharga untuk bisa menghasilkan karya dan manfaat bagi orang-orang di sekitar. Salah satu penyakit yang saat ini dapat dengan mudah menyerang karena timbul dari pola hidup tidak sehat adalah penyakit serangan jantung.
Menerapkan Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Serangan Jantung


Jantung merupakan organ dalam yang sangat penting, karena jantung sangat diperlukan untuk bisa memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang dibtuuhkan untuk sistem metabolisme tubuh. Maka dari itu, kesehatan jantung perlu selalu dijaga agar dapat berfungsi dengan baik. Berikut ini kami hadirkan pembahasan tips mencegah penyakit jantung yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Mengatur pola makan sehat.

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya, maka anda harus mulai menghindari berbagai makanan yang kurang baik bagi kesehatan karena mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi. Seperti seafood atau aneka makanan laut memiliki kandungan kolesterol tinggi yang bisa menjadi pemicu serangan jantung.

Mulai sekarang kurangi konsumsi makanan yang disajikan dengan digorang dan banyak mengandung lemak, dan beralihlah pada makanan yang diolah dengan cara direbus, dikukus dan dipanggang. Anda juga dapat memilih makanan rendah lemak atau tanpa lemak seperti susu, keju atau mentega rendah lemak.

Jika perlu menggoreng makanan, gunakan minyak zaitun agar rendah lemak. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi juga harus dijauhi, minuman ringan seperti soft drink mulai harus dibatasi, dan aneka makanan berkarbohidrat tinggi dapat diganti dengan gandum yang lebih aman bagi kesehatan jantung anda.

  1. Hentikan kebiasaan merokok

Bagi sebagian orang, hal ini merupakan hal tersulit untuk dilakukan. Karena kebiasaan merokok biasanya timbul sejak lama. menghisap rokok tidak baik untuk kesehatan jantung anda, dan sangat membahayakan bagi orang di sekeliling anda. Hal terbaik adalah jika anda mampu menghentikan merokok dengan segera agar kesehatan jantung tetap terjaga.

  1. Olahraga secara teratur

Melakukan olahraga ringan secara rutin dan teratur seperti berjalan kaki, jalan cepat, jogging, bersepeda atau senam aerobik dapat bermanfaat untuk menguatkan kerja jantung dan membuat peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar.

  1. Pertahankan berat badan ideal

Kelebihan berat badan bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung, karena obesitas ini bisa meningkatkan tekanan darah dan ketidaknormalan lemak. Hindari obesitas agar anda terhindar dari penyakit diabetes, karena penyakit diabetes dapat memicu penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top