Pernahkah anda mengalami masalah pada balita yang susah makan? Hampir semua orang tua pasti pernah mengalaminya, apalagi ketika mereka sedang dalam masa aktif bermain, mereka sering lupa pada jam makan mereka. Ada dua faktor yang dapat menyebabkan balita susah makan, yaitu faktor fisik dan juga faktor psikis. Untuk faktor fisik dapat berupa seperti gangguan pada pencernaan ataupun tubuh anak sedang terkena infeksi, sedangkan untuk faktor psikis dapat berupa seperti suasana makan yang tidak menyenangkan, dipaksa untuk makan dengan cara yang keras dan sebagainya. 

Pada umumnya anak mengalami susah makan pada usia 1 sampai 5 tahun, yang mana pada usia tersebut kebutuhan nutrisi anak harus tercukupi agar tumbuh kembangnya tidak terganggu. Namun bagaimana nutrisi anak tercukupi kalau ia susah makan, sehingga hal ini membuat para ibu menjadi stress. Tapi jangan khawatir, karena kami memiliki beberapa tips untuk anda dalam mengatasi balita yang susah makan.

Hidangkan makanan yang bervariasi
Balita susah makan biasanya terjadi karena bosan dengan menu makanannya ataupun karena tidak suka dengan menu makanannya, maka dari itu sebaiknya ibu menghidangkan menu makanan yang bervariasi agar anak tidak merasa bosan. Selain itu anak juga bisa memilih menu makanan yang ia suka, karena biasanya anak mau makan dengan menu makanan pilihannya.

Kreatif saat menyajikan makanan
Selain dari pilihan makanannya yang bervariasi, penampilan makanan juga harus anda perhatikan. Biasanya anak akan tertarik dengan makanan yang memiliki berbagai bentuk, sehingga anda harus kreatif dalam membuat penampilan makanan. Anda bisa membuat makanan dengan bentuk boneka bagi anak perempuan anda, sedangkan untuk anak laki-laki anda bisa membuat makanan berbentuk mobil-mobilan, ini semua tergantung kreatifitas anda. Cara ini terbukti ampuh dalam mengatasi balita susah makan.

Buatlah suasana makan menjadi menyenangkan
Saat makan buatlah suasana makan menjadi menyenangkan, jangan sekali-kali anda memaksa anak makan dengan cara yang keras seperti membentak, menghukum dan sebagainya karena hal itu dapat membuat anak tidak ingin makan sama sekali.

Itulah beberapa tips dalam mengatasi balita yang susah makan. Cara tersebut merupakan cara yang paling efektif agar anak mau makan saat jam makan tiba, sehingga anda tak perlu khawatir nutrisi anak tidak tercukupi. Semoga bermanfaat!
digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top