Dalam menghadapi sekarang orang tua sangat banyak sekali panduan atau buku tentang cara mendidik dan mebimbing anak. Namun justru yang biasanya berhasil ada cara mendidik yang dilakukan secara spontan sesuai dengan karakter anak. Tetapi jika dengan cara yang sesuai dengan penelitian dan hasilnya berhasil maka akan lebih maksimal. Karena keberhasilan tersebut bisa ditularkan dan dibagikan kepada orang tua yang lain karena pola asuh anak yang dipakai sudah pasti ada.

Dari sekian pola asuh yang ada ada beberapa yang memang sangat banyak digunakan oleh orang tua di dunia. Bahkan setiap orang tua mungkin pernah menerapkan pola asuh yang sama meskipun tanpa sadar. Ada satu pola asuh anak yang sangat sering dipakai oleh para orang tua meskipun kadarnya berbeda. Pola asuh tersebut adalah pola asuh demokratis. Pola asuh demokratis ini merupakan pola asuh yang sering sekali diterapkan oleh para orang tua baik sadar maupun tidak sadar. Bentuk pola asuh demokratis adalah pola asuh yang memberikan kebebasan kepada anak untk isa mengungkapkan pendapatnya. Pola asuh ini memang akan sangat baik dalam perkembangan psikologis anak. Ada beberapa keunggulan yang akan didapatkan jika orang tua menerapkan pola asuh ini.

1. Keunggulan yang pertama adalah ana akan lebih bisa mengembangkan potensi dirinya tanpa terkekang oleh orang tua. Sehingga potensi maksimal anak akan lebih bisa keluar.

2. Keunggulan yang kedua adalah anak yang diberi pola asuh demokratis cenderung akan lebih bisa bersosialisasi dengan baik. Karena anak sudah terbiasa berkomunikasi dan mengemukakan pendapatnya. Sehingga anak akan mudah bergaul dan juga mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan.

3. Keunggulan yang ketiga adalah anak akan lebih cepat untuk mandiri. Karena anak akan terbiasa dengan mempertanggung jawabkan atas semua yang menurut pendapatnya benar.

Itulah keunggulan yang akan didapatkan jika menerapkan pola asuh anak demokratis. Bagi para orang tua tentu akan sangat terbant dengan informasi seperti ini. Masih ada banyak lai informasi mengenai dunia anak bisa di cek di web Nestle yang memberikan beragam informasi edukasi mengenai dunia anak.
digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top