Asuransi merupakan suatu upaya memperkecil kerugian yang mungkin diderita seseorang dengan melakukan suatu perjanjian dengan pihak tertentu dan membayar sejumlah uang dalam kurun waktu tertentu. Maka dari itu, dalam setiap penawaran asuransi sebelum terjadi kesepakatan peserta asuransi disuguhi UP (Uang pertanggungan). Khususnya asuransi mobil dikenal ada dua jenis yaitu All Risk dan TLO. Kedua jenis asuransi ini penting untuk dimiliki, tetapi setidaknya pilih salahs atu. All Risk diartikan segala risiko. Asuransi ini membayar klaim untuk segala jenis kerusakan. Akan tetapi dari segi pembiayaan lebih mahal. TLO merupakan jenis asuransi yang dapat diartikan hanya jika kehilangan total itu pun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal tersebut dimaksudkan apabila kehilangan total atau kerusakan total terjadi pada kendaraan maka pihak asuransi akan mengganti kendaraan, setidak-tidaknya harus 75%. Berdasarkan kedua jenis asuransi ini, yang lebih murah biaya preminya adalah TLO.

Merujuk pada perhitungan premi asuransi mobil baik asuransi All Risk maupun TLO sama – sama bertujuan untuk melindungi dari kerugian. Akan tetapi, cakupan perlindungan antara kedua asuransi tersebut berbeda. Jenis asuransi TLO hanya memberikan penggantian apabila kendaraan mengalami kerusakan parah di atas 70% atau sudah tidak dapat digunakan lagi. Termasuk di dalamnya kerugian apabila kendaraan yang diasuransikan hilang karena dicuri. Jenis asuransi All Risk memiliki cakupan perlindungan yang lebih luas, baik kerusakan kecil maupun kerusakan besar. Namun, premi yang harus dikeluarkan untuk asuransi All Risk ini lebih tinggi dibandingkan dengan TLO.

Baik TLO maupun All Risk sama – sama memberikan penawaran yang maksimal dalam melayani kebutuhan peserta asuransinya. Jenis asuransi TLO hanya memberikan penggantian apabila kendaraan mengalami kerusakan parah di atas 70% atau sudah tidak dapat digunakan lagi. Termasuk di dalamnya kerugian apabila kendaraan yang diasuransikan hilang karena dicuri. Jenis asuransi All Risk memiliki cakupan perlindungan yang lebih luas, baik kerusakan kecil maupun kerusakan besar. Semakin besar premi yang dikeluarkan maka UP yang didapat pun besar. Berkenaan dengan berbagai informasi mengenai asuransi dan perhitungan premi asuransi mobil dapat diakses di http://www.simasnet.com

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top