Banyak sekali manfaat yang dirasakan berkat mudahnya pengaksesan internet saat ini, salah satunya adalah jual beli yang sudah dapat dilakukan secara online. namun walaupun banyak dampak positif yang didapatkan terhadap jual beli online Indonesia, akan tetapi terdapat juga dampak negatif yang muncul, salah satunya adalah penipuan. sebelum beranjak lebih dalam membahas mengenai hal tersebut Berikut ini adalah beberapa kekurangan jual beli secara online.



Kekurangan Jual Beli Online yang Harus Anda Ketahui
  • Rawan terkena penipuan
  • Bisa jadi barang tidak sesuai dengan yang ada di tampilan foto
  • Pengiriman barang yang lama
  • Terdapat risiko barang hilang saat pengiriman
  • Risiko kerusakan barang saat pengiriman


Dari kelima kekurangan jual beli online Indonesia tersebut, yang paling perlu diwaspadai adalah penipuan. Perlu diketahui, jual beli online tidak akan pernah menemukan antara penjual dan pembeli secara langsung atau secara empat mata, melainkan melalui social media ataupun aplikasi-aplikasi percakapan yang lain. Oleh karena itu, risiko terjadinya penipuan cukuplah besar. Tetapi di balik suatu permasalahan tentunya ada penyelesaiannya. Berikut ini adalah beberapa cara agar terhindar dari penipuan berbasis jual beli online.

Cara Agar Terhindar dari Penipuan Jual Beli Online

  • Carilah situs jual beli yang sudah terpercaya


Di Indonesia banyak sekali situs jual beli online dan tidak semuanya terpercaya. Oleh karena itu, anda harus cermat dalam memilih situs jual beli.

  • Carilah review mengenai situs jual beli tersebut


Setelah menemukan beberapa kandidat situs yang menurut anda cukup aman dan terpercaya, maka langkah selanjutnya adalah mencari review mengenai situs jual beli tersebut, apakah banyak yang menanggapi secara positif atau malah sebaliknya.

  • Lihat syarat dan ketentuan


Sebelum membeli sebuah barang, pastikan anda melihat syarat ketentuan, apakah situs jual beli tersebut menerapkan sistem garansi atau tidak?, dan lain sebagainya.

  • Lakukan pengecekan terhadap harga barang


Cek harga barang yang ada di situs jual beli tersebut, apakah wajar atau malah terlalu murah?

  • Bisa menggunakan Rekening Bersama atau tidak


Untuk memastikan keamanannya lagi, anda dapat mengecek apakah situs tersebut menerima pembayaran melalui jasa rekening bersama.

  • Lihat sistem pembayarannya


Yang terakhir adalah melihat cara untuk membayarnya. Para penjual yang menerapkan sistem pembayaran melalui DPT DOMPETKU PLUS adalah penjual yang jujur, karena syarat dan ketentuan untuk menjadi anggota dari layanan uang elektronik tersebut haruslah demikian. Apabila melakukan penipuan, maka penjual tersebut akan dengan mudah ditemukan dan ini menjadi salah satu kelebihan dari layanan dari Indosat tersebut.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top