perencanaan finansial keluarga

Mengelola keuangan disaat bujangan dan setelah menikah tentunya memang sangatlah berbeda. Ketika setelah memutuskan untuk menikah tentunya kita harus lebih mengubah pola pikir dengan lebih memperhatikan kondisi keluarga. Ada beberapa tips untuk mengatur perencanan finansial keluarga seperti di bawah ini.

  1. Mulailah membangun keluarga yang kuat, dengan cara menabung. Tak dapat dipungkiri lagi bahwa manfaat menabung akan bermanfaat bagi kehidupan kita dikemudian hari.

  2. Ketika telah memutuskan untuk menikah, mulailah mengurangi egoisme dengan tidak membeda-bedakan tabungan antar pasangan. Mulailah buat satu rekening dengan pasangan dengan tujuan keuangan bersama.

  3. Bagi pasangan yang baru menikah, jangan terburu-buru untuk memutuskan berhutang. Pikirkan terlebih dahulu tujuan untuk berhutang tersebut dan juga cara untuk melunasinya.

  4. Bagi para ibu rumah tangga, jangan mudah tergiur dengan promo diskon. Tak dapat dipungkiri lagi memang mall-mall dan supermarket banyak memberikan diskon yang mengakibatkan ibu rumah tangga gelap mata dan tergiur untuk membeli barang tersebut meskipun tidak begitu dibutuhkan.

  5. Mulailah membuat kesepakatan tentang pengeluaran keluarga setiap bulannya sehingga pengeluaran bulanan tidak melebihi yang seharusnya. 

  6. Buat anggaran khusus untuk kesehatan dan pendidikan anak yang terpisah dengan anggaran bulanan lainnya sehingga selalu ada dana saat dibutuhkan.

Dengan perencanaan keuangan keluarga yang tepat, keluarga anda akan terjamin secara finansial dan sebaiknya dilakukan sejak sedini mungkin.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top