Printer atau mesin pencetak dokumen salah satu alat elektronik yang menunjang kelangsungan roda organisasi atau perusahaan. Sebuah organisasi profesi atau sosial memerlukan alat elektronik pencetak dokumen ini untuk mencetak dokumen perencanaan, evaluasi, pelaporan dll. Dengan kata lain, prinsip-prinsip manajerial yang dimulai dari perencanaan dan berakhir pada pelaporan dan pertanggungjawaban bisa berjalan secara optimal jika dokumen perencanaan dan pertanggungjawaban bisa dicetak dengan kualitas baik. Oleh karena itu, setiap organisasi atau perusahaan selalu memprioritaskan dengan cara melakukan pembelian printer-printer terbaru dengan kualitas yang baik.

Saat ini bisnis alat pencetak ini begitu kompetitif, banyak sekali perusahaan yang mempromosikan melalui media iklan baik di media elektronik atau cetak dan mengklaim produk printernya adalah yang terbaik. Namun, tentu sebagai konsumen jangan mudah terpengaruh oleh salah satu brand printer sebelum menggali referensi dan mempelajari kelebihan dan kekurangan mesin pencetak tersebut. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kendala yang sering dihadapi ketika menggunakan printer adalah cartridge yang rentan rusak pada saat mengerjakan tugas-tugas yang begitu banyak. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan membeli sebuah produk printer pertimbangkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut.

Saat ini printer telah mengalami inovasi yang begitu maju seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Printer saat ini tidak hanya menjalankan peran dan fungsinya mencetak dokumen tetapi dua tugas tambahan lainnya seperti memindai dokumen (dari hasil cetakan) menjadi soft file dan memfotokopi dokumen hasil cetakan. Printer semacam ini disebut multi printer sesuai dengan namanya yang mampu menjalankan tugas lebih dari satu. Dengan demikian, tugas manusia pun diminimalisasi tidak seperti dahulu, ketika ingin memindai berarti harus menggunakan scanning atau alat pindai, begitu pula ketika ingin memperbanyak dokumen yang sama harus memiliki mesin fotokopi khusus. Namun, dengan adanya multi printer tugas untuk memindai dan memperbanyak dokumen bisa digunakan pada satu alat. Oleh karena itu, permintaan akan mesin printer serba guna ini semakin meningkat dari hari ke hari mengingat efektivitas dan efisiensi dari mesin cetak tersebut.


digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top