Saat menjalani puasa  ramadhan salah satu amalan sunah yang penting untuk dilakukan yaitu melakukan ibadah sahur pada waktu menjelang adzan subuh. Pentingnya sahur ini selain dapat menambah tenaga dan kekuatan badan dalam menjalani puusa seharian juga sebagai tambahan amal ibadah, sehingga sayang sekali jika ditinggalkan. 


Akan tetapi karena rasa kantuk atau tidak terbiasa bangun sebelum subuh terkadang membuat ibadah sahur menjadi telat, untuk itu diperlukan berbagai tips sahur agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.
Dalam melakukan sahur ini tentunya harus benar-benar dapat dilakukan secara baik agar puasa yang dijalankan menjadi lebih bermakna, terutama kita tidak perlu harus menderita seharian karena lapar. Kondisi seperti tersebut tentunya membuat ibadah puasa yang dilakukan pun menjadi kurang bermakna karena seharian hanya berdiam diri tanpa melakukan aktivitas lainnya.
Untuk itu berikut ini beberapa tips sahur mudah yang dapat dilakukan agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.
  1. Makan sahur dengan porsi yang normal. Saat sahur jangan sampai anda makan dengan porsi yang terlalu banyak atau pun terlalu sedikit. Ini karena dapat membantu kekuatan tubuh dalam menjalani ibadah puasa. Makanlah dalam porsi yang normal seperti saat anda makan pada hari-hari biasa.
  2. Minum cukup air putih. Berbeda saat buka puasa dengan memilih minuman manis, maka saat sahur lebih diutamakan dengan minum air putih. Dengan minum air putih yang cukup dapat menjaga kondisi tubuh tidak kekurangan cairan saat menjalani puasa.
  3. Makan jangan terburu-buru. Dengan makan tidak terburu-buru dapat membuat penyerapan nutrisi makanan menjadi lebih maksimal, dibandingkan dengan makan terburu-buru yang dalam penyerapan makanannya kurang maksimal.
  4. Penuhi nutrisi makanan yang diperlukan. Pemenuhan nutrisi yag diperlukan oleh tubuh jika anda kurang mengetahuinya maka untuk sekarang ini dapat mudah diketahui, dengan anda memenfaatkan internet dengan menggunakan Smartfren Andromax E2+. Smartfren yang merupakan lanjutan dari Smartfren sebelumnya ini dapat membuat anda lebih mudah menjalani sahur. Karena anda pun dapat juga mengaturnya sebagai alarm jam anda sehingga anda tidak telat saat melakukan sahur.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top