Breaking

Resep Sayur Asem Khas Jawa Mudah dan Sederhana



Sayur asam merupakan salah satu menu masakan yang tidak terlalu rumit untuk diolah. Salah satunya yaitu resep sayur asem khas Jawa. Jenis masakan yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin mengolah sayur asam yang tidak terlalu rumit. Berikut bahan dan juga cara mengolahnya.

Persiapan Bahan-Bahan

Pertama-tama Anda persiapkan dulu bahan-bahannya. Adapun bahannya yaitu jagung manis 1 buah, melinjo muda 100 gram, lengkuas 2 cm yang sudah dimemarkan, 2 lembar daun salam, 5 helai kacang panjang yang sudah dipotong-potong, 1 buah labu siam yang sudah dipotong, 3 buah asam muda dan 1 potong kecil gula aren.

Persiapan Bumbu

Siapkan juga bumbu untuk mengolahnya. Jenis bumbu yang harus disiapkan seperti cabe merah keriting,  cabe rawit merah,bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi bakar, dan garam. Semua bumbu Anda takar secukupnya saja.

Pengolahan Sayur Asem

Setelah bahan dan bumbunya siap, maka Anda bisa langsung melakukan pengolahan. Berikut ini kami coba paparkan bagaimana cara mengolahnya.

1.  Didihkan Air

Pertama-tama, Anda ambil tempat untuk mendidihkan bahan-bahan sayur asem. Setelah itu masukkan air secukupnya kemudian nyalakan api.

2.  Masukkan Bahan-Bahan

Setelah air mendidih, selanjutnya silahkan masukkan bahan-bahan seperti jagung dan buah melinjo hingga lunak.

3.  Didihkan Air di Panci Terpisah

Selanjutnya, Anda ambil panci lain, masukkan kira-kira 100 ml air lalu didihkan. Setelah mendidih, masukkan asam muda, biarkan sampai melunak kemudian remas-remas lalu saring airnya.

4.      Masukkan Bumbu Masakan

Masukkan gula dan juga semua bumbu ke dalam rebusan jagung. Setelah itu, rebus juga lengkuas dan juga daun salam. Masukkan juga labu siam dan kacang panjang, dan pastikan semuanya direbus hingga lunak.

5.  Masukkan Sisa Bumbu dan Hidangkan

Setelah semua bahan-bahan yang kami paparkan tersebut Anda masukkan, selanjutnya Anda masukkan juga daun melinjo dan juga air asam yang sudah Anda olah di panci yang terpisah tadi. Setelah itu, hidangkan masakan.

Demikian penjelasan seputar cara membuat resep sayur asem khas Jawa yang lezat dan mudah. Informasi seputar kuliner lainnya bisa Anda temukan di situs UFS (Unilever Food Stations).

No comments:

Powered by Blogger.