Breaking

Kandungan Susu Anak 5 Tahun Untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi


Awal pembentukan tulang dan gigi dimulai saat anak-anak. Di usia inilah tulang dan gigi masih dalam tahap pembentukan,sehingga cenderung rawan dan membutuhkan asupan nutrisi untuk membantunya tetap kuat. Nutrisi yang mereka butuhkan adalah kalsium, magnesium,fosfor, vitamin D, dan sebagainya.

Susu juga kerap kali dijadikan pilihan sebagai makanan pendamping, terutama anak suai 5 tahun untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Salah Satu manfaat mengkonsumsi susu anak 5 tahun adalah membantu tulang dan giginya, sebab biasanya terdapat kandungan :

  • Kalsium


Bukan rahasia umum jika kalsium berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Pada dasarnya, tubuh memiliki kemampuan untuk menghasilkan kalsiumnya sendiri, namun kerap kali jumlah kasium ini tidak mencukupi angka kebutuhan kalsium tubuh,sehingga tulang kekurangan kalsium,sehingga tulang menjadi rapuh dan kita sering menyebutnya dengan osteoporosis.

Anak harus mendapatkan asupan kalsium yang mencukupi,yakni sekitar 1000 mg per hari untuk anak berusia 4-6 tahun (Institute of Medicine)

  • Fosfor

Fosfor menjadi mineral terbesar kedua yang dibutuhkan tubuh. Selain membantu pertumbuhan tulang dan gigi, fosfor juga memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan fungsi hormon, membantu kerja ginjal, sehingga membantu memaksimalkan kerja syaraf dan otot. 

  • Vitamin D3

D3 merupakan salah satu nutrisi baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Vitamin D3 akan berkolaborasi dengan fosfat dan kalsium. Saat kekurangan vitamin D3, maka pertumbuhan anak akan terhambat.

  • Potasium

Potasium memiliki peranan untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, keberadaan Potasium juga berguna untuk mengurangi stress, menjaga fungsi otot syaraf, menjaga metabolisme tubuh, dan sebagainya. 

  • Magnesium

Magnesium memiliki peran besar dalam pembentukan tulang kala masa tumbuh kembang anak. Adanya magnesium membantu pertukaran kalsium di dalam formasi tulang. Magnesium juga turut serta untuk membantu proses aktivasi vitamin D yang terdapat pada ginjal agar mudah diserap.

No comments:

Powered by Blogger.