Breaking

Latar Belakang Banyak Bank Mengeluarkan Uang Digital

uang digital

Dengan 'kematian uang tunai' yang akan datang dan kebangkitan mata uang dalam bentuk digital, ada alasan kuat bagi bank seperti Danamon untuk mulai mengeluarkan "uang dalam bentuk digital", versi elektronik dari uang. 

Tapi ini menimbulkan sejumlah pertanyaan: bagaimana bank membentuk uang digital ke dalam sistem perekonomian, dan bagaimana publik menggunakannya? Apa keuntungannya? Dan apakah akan ada dampak pada stabilitas keuangan? Kami berpendapat bahwa ada sejumlah besar manfaat mengeluarkan uang digital:

Memperluas Jangkauan Pilihan untuk Kebijakan Moneter 

Menerapkan uang dalam bentuk digital dapat memungkinkan alat kebijakan moneter baru untuk digunakan. Jika uang dalam bentuk digital digunakan untuk sepenuhnya menggantikan uang fisik, hal ini dapat memungkinkan penurunan suku bunga di bawah batas bawah nol. 

uang digital

Alternatifnya, uang digital dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan permintaan agregat dengan membuat uang dalam bentuk digital yang baru dibuat untuk semua warga. Sehingga lebih mudah untuk memenuhi target kebijakan moneter tentang stabilitas harga.

Dapat Membuat Sistem Keuangan Lebih Aman

Mengizinkan individu, perusahaan sektor swasta, dan lembaga keuangan non-bank untuk bertransaksi langsung dengan uang dalam bentuk digital, secara signifikan mengurangi konsentrasi likuiditas dan risiko kredit dalam sistem pembayaran. 

Hal ini pada akhirnya dapat mengurangi kepentingan sistemik bank-bank besar. Selain itu, dengan memberikan alternatif yang benar-benar bebas risiko untuk simpanan bank, peralihan dari simpanan bank ke uang tunai digital mengurangi kebutuhan akan jaminan pemerintah atas simpanan. Serta menghilangkan sumber bahaya moral dari sistem keuangan.

Dapat Mendorong Persaingan dan Inovasi dalam Sistem Pembayaran

Peraturan tentang penggunaan uang digital mempermudah pendatang baru di sektor pembayaran secara signifikan untuk menawarkan rekening pembayaran dan memberikan persaingan kepada bank yang ada. Ini juga akan mengurangi kebutuhan sebagian besar bank dan non-bank kecil untuk menjalankan pembayaran mereka melalui bank yang lebih besar. 

Dimana mereka dapat menetapkan biaya transaksi pada tingkat yang merugikan pesaing mereka yang lebih kecil. Bagaimanapun, keberadaan uang digital saat ini sangat dibutuhkan seiring dengan dunia digital yang semakin berkembang di segala lini kehidupan.

No comments:

Powered by Blogger.