Breaking

Asupan Nutrisi Penting untuk Dukung Daya Tahan Anak



Daya tahan tubuh sangat penting bagi Si Kecil karena mampu mempengaruhi banyak aspek penting dalam tumbuh kembangnya. Apabila Si Kecil sehat, ia akan aktif bermain ataupun belajar sehingga tumbuh menjadi anak yang cerdas. Nah, salah satu cara mudah untuk membuat anak menjadi lebih sehat dan aktif adalah dengan memberinya sederet makanan bernutrisi dan juga susu cair.

Tahukah Bunda bahwa menjaga daya tahan tubuh Si Kecil sangatlah penting, sebab apabila anak memiliki daya tahan tubuh yang lemah, ia menjadi mudah sakit dan aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Dengan begitu, penting sekali bagi Bunda untuk memberi asupan nutrisi guna mendukung pertumbuhan Si Kecil.



Makanan Apa Saja yang Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh Anak?


Demi senyum bahagia dan kesehatan anak, Bunda harus benar-benar memperhatikan makanan yang diberikan untuk Si Kecil ya. Berikut ini adalah 6 asupan nutrisi penting yang baik diberikan untuk menambah daya tahan tubuh anak.

Daging Tanpa Lemak untuk Melawan Infeksi


Menghidangkan daging tanpa lemak sebagai sumber nutrisi Si Kecil bisa menjadi pilihan yang tepat. Lean Meat atau daging tanpa lemak bukan berarti tidak mempunyai kandungan lemak sama sekali ya, hanya saja kandungan lemak di dalamnya lebih sedikit.

Memberikan anak makanan yang berasal dari daging ini bisa membantunya untuk menguatkan daya tahan tubuh, lantaran kandungan protein dari daging yang besar. Selain itu, kandungan seng di dalamnya juga mampu menunjang kinerja sel darah putih ketika melawan infeksi.

Sayur dan Buah untuk Nutrisi Penting


Kandungan nutrisi berlimpah yang terdapat dalam buah dan sayur sangat penting untuk asupan Si Kecil. Bunda bisa memulainya dengan memberikan camilan ini untuk menemani hari-hari anak, misalnya dengan memberi potongan-potongan buah yang menarik supaya Si Kecil semakin bersemangat untuk makan. Ada Berbagai macam buah dan sayur yang baik disajikan untuk anak yaitu stroberi, citrus, brokoli, dan paprika.

Selain itu, buah dan sayur juga dapat dihidangkan bersama dalam bentuk salad. Bunda bisa memilih mangkuk lucu kesayangan Si Kecil untuk menata sayur dan buah yang bisa dimakan oleh anak, bisa juga ditambahkan mayonaise di atasnya untuk merangsang nafsu makan Si Kecil. Memilih buah dan sayur yang kaya vitamin C akan membantu anak untuk terlindungi dari flu dan demam.

Kacang Walnut untuk Melawan Penyakit

Kacang walnut diklaim sebagai makanan yang sangat bagus untuk kecerdasan. Memakan segenggam walnut dapat membuat otak seseorang memiliki kemampuan berpikir yang meningkat. Namun, bukan hanya bermanfaat sebagai kecerdasan saja lho, kacang ini juga kaya akan omega-3 yang bisa melindungi anak dari penyakit.

Berdasarkan sebuah studi, kandungan omega 3 yang dimiliki juga bagus untuk melancarkan saluran pernapasan anak. Bunda bisa memberikan kacang walnut secara langsung atau menjadikannya kudapan yang menarik bagi Si Kecil.

Yoghurt untuk Membantu Melawan Penyakit


Bunda juga bisa memberikan yoghurt untuk menjaga sistem imun anak. Minuman ini mengandung banyak bakteri baik yang bisa melancarkan sistem pencernaan tubuh, pun menjaga Si Kecil dari berbagai penyakit yang datang.

Berdasarkan hasil sebuah studi, anak yang mengonsumsi yoghurt berisiko 19 persen lebih rendah untuk terkena berbagai penyakit seperti infeksi telinga, sakit tenggorokan, dan demam.

Susu Cair untuk Sistem Imun


Selain beberapa asupan penting di atas, pemberian susu juga dianjurkan dalam menemani masa tumbuh kembang Si Kecil. Memilih susu yang mengandung berbagai nutrisi penting seperti yodium, kolin, zat besi, vitamin B kompleks, dan inositol bisa membantu anak tumbuh sehat dan cerdas. 

Beberapa makanan di atas bisa menjadi asupan kaya nutrisi yang bisa Bunda pilih untuk anak. Dengan memberikannya secara rutin, Si Kecil akan memiliki penunjang daya tahan tubuh yang membuatnya lebih kebal dari penyakit dan tumbuh menjadi anak yang aktif.

No comments:

Powered by Blogger.