Untuk memilih hotel atau penginapan untuk keluarga atau relasi, adalah persoalan yang gampang - gampang susah. Dibutuhkan perencanaan yang matang dari jauh hari. Tak dapat dipungkiri jika biaya yang dikeluarkan ternyata over budget karena kurang menggali informasi mengenai hotel yang akan dikunjungi atau disebabkan kurang matangnya persiapan.

Dengan adanya fasilitas online, informasi pun didapat dengan mudah. Misalkan anda mencari informasi tentang penginapan di Garut yang bernama Kampung Sampireun Resort. Informasi tempat wisata contohnya seperti terdapat pada situs Tempat Wisata di Garut, penyedia fasilitas hotel seperti traveloka, jasa tour and travel seperti HDG team. Mulailah dengan Googling atau mencari informasi, lalu singkronkan dengan pengalaman orang lain.



Dikutip dari CNN Indonesia, berikut beberapa tips untuk memilih hotel yang nyaman dengan harga terjangkau.

1. Buat perencanaan

Sebelum memilih dan memesan hotel, sebaiknya buat perencanaan terlebih dulu. Perencanaan ini mencakup berapa jumlah orang yang akan bergabung dalam perjalanan Anda.

Sesuaikan juga dengan kebutuhan liburan Anda. Misalnya Anda ingin banyak berkeliling kota maka hotel pasti hanya jadi sekadar tempat untuk beristirahat, jadi fasilitas hotel tak begitu penting.

Setelah menentukan jumlah orang, Anda dan kawan-kawan lainnya juga harus sepakat tentang jenis hotel yang akan ditinggali. Misalnya, dormitory, hostel atau hotel berbintang. Tentukan juga jumlah biaya maksimal per malamnya. 

Jangan biasakan untuk menunda-nunda hal ini dan terlebih dulu ‘menumpuk’ hotel pilihan. Yang sering terjadi, hotel yang Anda inginkan sudah habis dipesan orang saat Anda dan teman lainnya berkompromi.

Ketika sudah menentukan perencanaan hotel pilihan, saat menemukan hotel idaman, Anda bisa langsung memesannya.

2. Bandingkan dengan website lain

Setelah mendapat satu hotel idaman, jangan buru-buru memesannya. Bandingkan harga hotel tersebut dengan website pesan hotel online lainnya. Siapa tahu, harga di website lainnya jauh lebih murah. Jangan lupa bandingkan juga dengan harga dari website resmi hotel tersebut.

3. Hitung jumlah pengeluaran

Hitung jumlah total pemesanan hotel Anda. Harga per malam dikalikan dengan jumlah kamar pesanan dan lamanya menginap.

Hati-hati, banyak orang yang seringkali terjebak dengan harga kamar yang dianggap murah. Mungkin Anda berpikir jika menyewa kamar dormitory akan lebih murah dibanding dengan kamar hotel biasa.

Dalam beberapa kasus, hal ini mungkin benar. Namun coba hitung lagi, terutama jika Anda pergi dalam kelompok kecil, misalnya empat orang. Sebagai contoh, sebuah penginapan dormitory di Kuala Lumpur, satu kasurnya dihargai Rp 150 ribu. Namun jika Anda pergi bersama tiga orang lainnya, maka total pengeluarannya akan menjadi Rp 600 ribu, dan dalam dua hari biaya penginapan akan menghabiskan biaya Rp 1,2 juta.

Padahal sebenarnya, beberapa hostel menawarkan kamar hotel dengan harga kisaran Rp 500-700 ribu per malamnya. Kamar ini bahkan juga bisa ditinggali oleh 3-4 orang. Kelebihan lainnya, Anda akan mendapatkan kamar pribadi dengan kamar mandi pribadi. Sedangkan di dormitory, Anda harus berbagi kamar dengan empat orang asing lainnya (biasanya dormitory punya 8 tempat tidur campur) dan harus berbagi kamar mandi. 

4. Lihat tinjauan

Jangan lupa juga untuk melihat tinjauan orang lain. Seringkali banyak orang yang tertipu dengan foto-foto yang ditampilkan di website tersebut. Di dalam foto terlihat bagus, tapi kenyataannya tidaklah demikian.

Agar tak terlalu kecewa, Anda juga harus realistis. Jangan berharap terlalu tinggi untuk mendapatkan hotel yang indah, megah dan pelayanan kelas atas jika hanya membayar seharga hostel.

Tinjauan dari orang lain yang sudah lebih dulu menginap di hotel tersebut menjadi salah satu pertimbangan penting untuk memilih tempat tersebut.

5. Pilih dekat sarana transportasi

Jika bepergian ke negara lain, satu hal yang paling penting sebelum memilih hotel adalah memerhatikan lokasi hotelnya. Jika belum familiar dengan negara tersebut dan tidak memiliki transportasi pribadi, maka pilihlah hotel yang dekat dengan sarana transportasi. Misalnya, MRT atau monorail.

Semoga lima hal ini menjadi pegangan bagi anda yang akan memilih penginapan pada saat liburan bersama keluarga atau relasi. Faktor yang sangat menunjang suatu tujuan salah satunya yaitu kematangan perencanaan. Untuk seputar tips dan trik lainnya ada di Digipat

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top