Breaking

Cara Mudah Menilai Liontin Berlian Berkualitas



Liontin dengan berlian dikenal sebagai salah satu perhiasan yang mahal. Hal tersebut lantaran berlian yang disematkan pada liontin adalah batu mulia mahal dan memiliki kekuatan yang sangat baik. Meskipun begitu, tidak semua liontin berlian mahal. Harga liontin berlian sendiri tergantung dari kualitasnya. Semakin baik tentu saja semakin mahal. Lalu bagaimana cara menilai liontin berlian berkualitas? Berikut ini adalah caranya:

Clarity atau Kejernihan

Cara menilai kualitas sebuah liontin berlian yang pertama yaitu memperhatikan kualitas clarity atau kejernihan. Kejernihan ini diukur menurut tingkat kecacatan atau kadar pencemar di dalam berlian. Berlian yang berasal dari alam tidak sempurna, pasti ada kecacatan atau yang lebih dikenal dengan istilah inklusi. Ada berlian yang tingkat kecacatannya tidak terlihat sama sekali, namun harganya sangat mahal.




Berdasarkan penilaian GIA (Gemological Institute of America), skala kejernihan sebuah berlian terdiri dari enam level. Level paling tinggi yaitu flawless, lalu dilanjutkan dengan internal flawless, VVS1, VVS2, VS1, dan VS2.

Color atau Warna

Cara selanjutnya yaitu melihat color atau warnanya. Penilaian ini hanya berlaku pada berlian bening saja. Jadi fancy color diamond atau berlian berwarna memiliki penilaiannya sendiri. Warna tersebut bisa muncul karena suhu, tekanan, dan radiasi yang tinggi selama proses pembentukan di dasar Bumi. 

Berdasarkan penilaian GIA, level kualitas warna dinilai dengan huruf D-Z. Berlian paling berkualitas adalah D-F atau colorless, G-J hampir tidak berwarna, K-M sedikit kekuningan, N-R kuning terlihat sangat terang, S-Z kuning terang.

Cut atau Potongan

Cut atau potongan berlian juga cukup penting sehingga mempengaruhi kualitas liontin berlian modern. Potongan berlian yang sempurna memberikan pantulan yang sangat baik, begitu pula sebaliknya. Apalagi berlian dinilai indah karena pantulan dan kemilaunya. Berdasarkan standar GIA, skala potongan berlian paling bagus adalah signature ideal, lalu ideal, very good, good, dan terakhir fair.

Selain potongan, bentuk berlian juga berpengaruh pada kualitas liontin berlian. Meskipun begitu harganya tidak terlalu berpengaruh seperti faktor-faktor lainnya. Bentuk berlian paling umum yaitu round cut. Selain itu, ada princess cut, cushion cut, oval cut, marquise cut, emerald cut, dan lain sebagainya.

Carat atau Karat

Karat merupakan istilah yang biasanya ada pada perhiasan emas. Namun karat emas dan berlian berbeda. Karat emas menunjukkan kemurnian emas, sedangkan karat berlian menunjukkan massa atau berat berlian. 

Satu karat berlian nilainya adalah 0,2 gram atau 200 mg. Besarnya nilai karat berpengaruh pada kualitas dan harganya. Meskipun begitu, ukuran berlian tidak menentukan berat berlian. Bisa saja berlian ukurannya sama, namun karat nya berbeda.

Certificate atau Sertifikat

Cara menilai kualitas liontin berlian yang terakhir yaitu dengan melihat certificate atau sertifikat. Sertifikat adalah tanda bahwa liontin yang Anda beli asli. Oleh sebab itu, poin ini sangat penting dan tidak boleh dilupakan.

Sertifikat berlian hanya dikeluarkan oleh lembaga penilaian yang kredibel saja. Salah satu lembaga kredibel yang populer yaitu GIA atau Gemological Institute of America. Melalui sertifikat ini, Anda bisa memastikan keaslian liontin berlian. Selain itu, Anda juga bisa melihat kualitas berlian seperti carat, color, cut, dan clarity.

Itulah lima cara menilai liontin berlian berkualitas yang bisa Anda ikuti. Liontin dari Mondial Jeweler memenuhi kriteria kualitas perhiasan berlian yang Anda butuhkan. Harganya pun terjangkau sehingga cocok untuk siapa saja. Modelnya beragam, mulai dari simple hingga mewah dan glamor. Saat ini gerai Mondial Jeweler sudah tersebar di berbagai kota, jadi kunjungi gerainya secara langsung. Atau Anda bisa mengunjungi website www.mondialjeweler.com untuk melihat informasi lain.

No comments:

Powered by Blogger.