Breaking

7 Jenis Content Marketing yang Paling Efektif Untuk Bisnis Anda


Digital marketing atau pemasaran digital menjadi hal terpenting di zaman modern yang serba digital seperti sekarang ini. Rasanya sulit bagi sebuah perusahaan untuk bersaing dengan kompetitor tanpa melakukan pemasaran secara digital. Salah satu jenis digital marketing yang perlu diterapkan setiap bisnis adalah content marketing atau pemasaran konten. 

Secara sederhana, konten merupakan informasi yang dibagikan melalui media ataupun produk elektronik. Ada cukup banyak jenis konten yang bisa Anda bagikan dalam pemasaran konten. Namun di antara konten-konten tersebut, ternyata ada tujuh jenis konten yang dianggap paling efektif yaitu sebagai berikut:

Media Sosial

Media sosial merupakan platform pemasaran konten yang paling sering digunakan saat ini. Alasan terbesarnya yaitu karena sebagian besar pengguna internet menggunakannya untuk mengakses media sosial. Jadi akan lebih mudah bagi mereka untuk menemukan bisnis Anda. Perlu adanya strategi yang baik agar bisa menemukan platform yang tepat untuk efektivitas dan efisiensi pemasaran. 

Situs Website atau Blog

Selain media sosial, situs website atau blog menjadi jenis pemasaran konten yang paling banyak dipilih selanjutnya. Banyak hal yang bisa dilakukan pebisnis untuk memasarkan konten di blog. Misalnya yaitu memasukkan informasi produk secara lengkap, menambahkan tombol berbagai, membuat artikel informatif, dan lain sebagainya. Kemampuan SEO (Search Engine Optimization) sangat penting dalam jenis pemasaran konten satu ini.



Video

Sebagian besar audiens saat ini lebih suka dengan konten yang menampilkan visual. Oleh sebab itu, video menjadi jenis pemasaran konten yang dianggap efektif. Dengan membagikan video, Anda bisa memberikan informasi terkait layanan, produk, maupun merek. Hal terpenting dalam pemasaran video adalah efisiensi waktu atau durasi. Audiens bisa merasa bosan apabila durasi video terlalu lama.

Influencer

Influencer merupakan orang-orang yang memiliki pengikut banyak dan memiliki pengaruh pada audiens. Ternyata jenis pemasaran konten satu ini termasuk jenis pemasaran yang efektif. Hal tersebut lantaran influencer mampu mempengaruhi pengikutnya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Jangkauan pasar untuk konten juga lebih luas karena influencer sudah memiliki followers sendiri.

Infografis

Istilah infografis mungkin masih cukup asing bagi beberapa orang. Infografis sendiri adalah media informasi yang disajikan secara visual, biasanya dipadukan dengan ilustrasi, gambar, tipografi, dan lain sebagainya. Perpaduan beberapa elemen tersebut membuat infografis menarik untuk audiens. Mereka akan betah melihat informasi yang disajikan. Infografis juga bisa membuat topik kompleks mudah dimengerti oleh audiens.

Email

Apakah Anda pernah mendapatkan notifikasi email berisi promosi produk atau promo dari brand tertentu? Email-email tersebut termasuk pemasaran konten. Meskipun tidak setinggi pemasaran konten lainnya, namun pemasaran melalui email tetap terbilang efektif. Namun pemasaran ini harus disesuaikan dengan jenis bisnis Anda. Tidak semua jenis pemasaran konten harus dilakukan.

Podcast

Jenis pemasaran konten terakhir yang paling efektif adalah podcast. Podcast merupakan file audio digital yang berisi informasi untuk audiens. Akhir-akhir ini podcast mulai populer di kalangan masyarakat. Pasalnya podcast bisa didengarkan sambil melakukan aktivitas lain. Sedangkan konten lain membutuhkan fokus pada konten itu saja. Meskipun begitu, pemasaran konten menggunakan podcast masih sangat jarang di Indonesia.

Itulah tujuh jenis content marketing yang paling efektif digunakan dalam pemasaran digital. Bukan hanya konten yang berkualitas saja, Anda juga harus memiliki strategi pemasaran konten yang baik agar hasilnya sesuai keinginan. Agensi seperti IDEOWORKS membantu bisnis yang ingin berkembang dengan layanan pemasaran digital, termasuk pemasaran konten. Anda bisa berkonsultasi dengan tim IDEOWORKS sebelum bekerja sama untuk mendapatkan insight baru. Langsung saja hubungi tim melalui website resminya yaitu www.ideoworks.id.

No comments:

Powered by Blogger.