Breaking

Tips Berbuka Puasa yang Baik dan Benar

jadwal buka puasa Jakarta

Tubuh setiap harinya memerlukan asupan gizi yang seimbang. Bukan hanya di hari-hari dan bulan-bulan biasa saja, melainkan saat bulan Ramadhan telah tiba, Anda diharuskan untuk selalu memperhatikan asupan gizi setiap harinya terutama dalam menyiapkan menu buka puasa. Bagi Anda yang berada di wilayah Ibu Kota, mungkin tidak terlalu sulit menemukan jadwal buka puasa Jakarta pada khususnya. Tapi untuk wilayah lain, jika ingin tahu jadwal buka puasa, maka bisa lihat di televisi, ya?

Aturan Berbuka Puasa yang Baik dan Benar

Tidak ada kata “balas dendam”, sekalipun dalam ruang lingkup makan tak makan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia bagi umat Islam, penting sekali menyiapkan segala sesuatunya dengan baik dan benar agar puasanya lancar dan tubuh pun tetap sehat. Mulailah dari menyiapkan menu makan sahur yang sehat dan disarankan untuk menyantap hidangan kaya akan nutrisi dan serat, seperti sayur dan sup. Selain menu sahur, tidak kalah pentingnya lagi menyiapkan hidangan berbuka puasa dengan makanan yang sehat pula. Salah satu aturan pokok untuk bisa sehat di bulan Ramadhan adalah dengan selalu menjaga asupan makanan saat sahur dan buka puasa. Dalam hal aturan berbuka puasa yang baik dan benar, yakni menyegerakan berbuka puasa dengan makanan yang mudah dicerna tubuh dan juga kaya akan kandungan gizi, vitamin, dan serat yang cukup.
jadwal buka puasa Jakarta
Anda sudah tahu jadwal buka puasa Jakarta hari ini? Sambil menunggu waktu adzan maghrib berkumandang, sebaiknya Anda sambil simak penjelasan seputar menu buka puasa yang sehat untuk anggota keluarga di rumah.

1. Buka Puasa dengan Makanan atau Minuman yang Manis
Makanan dan minuman yang terlalu manis juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Lebih baik Anda siapkan menu berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manisnya alami, seperti halnya kurma, melon, semangka, dan lain sebagainya.
Selain langsung menyantap makanan tersebut untuk berbuka puasa, Anda juga bisa mengolahnya dengan dibuatkan jus buah segar. Jadilah minuman buka puasa yang menyehatkan.

2. Buka Puasa dengan Air Putih Saja
Jika di rumah tidak ada buah-buahan, maka cukup dengan minum air putih saja. Namun, agar tubuh atau lambung tidak syok, sebaiknya tidak minum air dingin atau air es. Selain itu, Anda juga wajib mengurangi konsumsi minuman sirup yang rentan dengan kandungan gula berlebih dan pewarna buatan.

3. Tidak Langsung Makan Makanan yang Berat
Mungkin karena seharian tidak makan apa-apa, sehingga saat adzan maghrib berkumandang langsung makan makanan yang berat, seperti nasi dan lauk pauk. Apakah seperti itu sehat? Tentu tidak, bahkan bisa menjadi pemicu adanya gangguan kesehatan dalam tubuh secara menyeluruh. Lebih baik Anda terlebih dahulu menyantap hidangan berbuka dengan air putih hangat atau buah-buahan segar yang memiliki kandungan serat dan vitamin yang akan mengembalikan stamina Anda, seperti jenis buah-buahan yang telah kami singgung di atas.

4. Tutup Malam Anda dengan Menu Makan Sehat
Mungkin lebih baik, jika Anda makan setelah shalat tarawih. Siapkan menu makan sehat agar saat bangun sahur tubuh semakin segar dan tetap siap menjalankan puasa di hari selanjutnya. Tetap Anda wajib menyeimbangkan asupan gizi dan sumber pangan yang baik, meskipun pada pola makan terkesan berbeda. Berbeda memang benar, tetapi itu hanya terlihat perbedaannya dari jadwal makan saja yang sedikit berubah. Mungkin biasanya ada saran pagi, di bulan Ramadhan waktunya sedikit ditarik, yakni sebelum subuh.

Untuk itu, di bulan penuh berkah ini, Anda harus benar-benar menyiapkan menu makan sehat untuk makan malam dan hidangan makan untuk sahur. Terakhir kami pesan, perhatikan setiap hari jadwal buka puasa Jakarta sebagai patokan dasar untuk mengetahui jadwal buka puasa yang akurat.

No comments:

Powered by Blogger.