Breaking

Begini Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Anak

Memenuhi kebutuhan nutrisi anak saat sedang masa pertumbuhan sangatlah penting. Kamu harus memahami bagaimana caranya memenuhi kebutuhan nutrisi tumbuh kembang anak sejak dini. Umumnya anak dengan usia 1-5 tahun cenderung sangat pilih-pilih soal makanan sehingga menyebabkan orangtua kesulitan saat melihat makanan anaknya tidak habis. Namun, hal tersebut dapat kamu cegah sejak dini dengan mengenalkan beragam jenis makanan mulai dari rasa hingga bentuknya.


Dengan melakukan hal tersebut tentu kamu jadi bisa lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tumbuh kembang anak sebab apabila anak kurang mendapatkan asupan gizi dan nutrisi sejak kecil hal itu dapat berpengaruh hingga anak beranjak dewasa. Maka dari itu perhatikan beberapa cara memenuhi kebutuhan nutrisi tumbuh kembang anak berikut ini.


Ajak anak untuk makan bersama setiap saat


Tanpa disadari sebenarnya anak selalu mengikuti apa pun yang dilakukan oleh orangtua. Anak akan mencontoh segala macam perbuatan orangtua sekecil apapun itu. Jadi, saat kamu akan makan, biasakan mengajak anak untuk makan bersama. Lakukan kebiasaan makan bersama seperti ini sejak dini agar anak terbiasa dengan pola makan yang diajarkan oleh orangtua.


Jangan khawatir saat melihat anak menolak untuk menghabisi makanannya, sebaliknya, justru jelaskan secara perlahan alasan untuk menghabiskan makanan yang sudah disediakan. Apabila cara ini berhasil, tentu suasana makan bersama dalam rumah akan terasa nyaman dan menyenangkan.



Menyesuaikan masakan dan olahan bahan makanan dengan tahapan usia anak


Selanjutnya, kamu juga harus bisa bijak dalam memilih dan menyajikan sebuah makanan, terutama untuk sang buah hati. Apabila anak masih berusia 1-5 tahun maka berikanlah makanan dengan porsi yang lebih kecil dan tekstur yang tidak terlalu keras. Namun, jika usia anak sudah lebih dari 5 tahun, maka kamu dapat memberikan makanan yang tidak terlalu membosankan baik dari rasa maupun menunya. Sebab pada dasarnya seorang anak mudah sekali bosan sehingga ini menjadi penghambat pemenuhan nutrisi dan gizi pada anak.


Berikan camilan yang sehat pada anak


Selain menyusun siasat untuk meningkatkan nutrisi anak, salah satu cara lain agar gizi dan nutrisi anak terpenuhi adalah dengan memberikannya camilan yang juga bergizi dan bernutrisi seperti buah-buahan, yogurt, susu, sereal, roti, dan camilan lainnya. Meskipun begitu, kamu juga harus memperhatikan jarak waktu antara anak mengkonsumsi makanan berat dan mengkonsumsi camilan.


Memenuhi kebutuhan asupan makronutrien


Perlu diingat bahwa orangtua memiliki peran pada pemilihan asupan dan pola makan sehari-hari anak. Memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak dengan memberikan asupan makronutrien, seperti lemak, protein, dan karbohidrat. Sebab berbagai macam zat tersebut sangat baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Lemak berperan sebagai penyedia asam lemak esensial serta proteksi organ dalam dan protein yang bermanfaat bagi imunitas tubuh serta kontraksi otot rangka.


Memasak makanan dengan kematangan sempurna


Dan yang terakhir yaitu untuk melindungi kandungan vitamin yang berada pada makanan seperti sayuran, daging maupun ikan, kamu juga harus perhatikan cara pengolahannya. Misalnya, kamu dapat memasaknya dengan api kecil atau sedang dengan tujuan agar bahan makanan tetap matang, tapi tetap terjaga kualitas nutrisinya.


Demikian berbagai macam cara agar kamu dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi anak, terutama saat masa pertumbuhan

No comments:

Powered by Blogger.