Breaking

Tips Sukses Mengikuti Kuliah Kelas Karyawan

Image result for Jangan Ragu Mengikuti Kuliah Kelas Karyawan dengan Tips Sukses Ini
Pendidikan memang menjadi salah satu hal yang penting untuk masyarakat Indonesia. Bahkan mereka yang sudah bekerja dan berstatus karyawan juga masih dituntut untuk menempuh pendidikan sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing. Kuliah yang dipilih oleh para karyawan adalah kuliah kelas karyawan. Kuliah jenis ini mempunyai banyak keuntungan dengan hasil perkuliahan yang setara dengan kelas reguler. Tidak heran bila banyak orang yang memilih kuliah karyawan sebagai salah satu cara menempuh pendidikan meski sudah bekerja. 

Ada banyak universitas yang menawarkan kuliah kelas karyawan seperti STMIK Indo Daya Suvana. Dengan berbagai pilihan jurusan dan jadwal yang fleksibel, kuliah karyawan ini semakin banyak diminati. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar sukses mengikuti kelas karyawan. 

Kenali waktu perkuliahan


Image result for Jangan Ragu Mengikuti Kuliah Kelas Karyawan dengan Tips Sukses Ini
Salah satu ciri kelas karyawan adalah waktu perkuliahan yang berbeda dengan kuliah reguler. Biasanya kuliah karyawan diadakan sesuai dengan jadwal kerja mahasiswa atau karyawan. Kuliah karyawan umumnya diadakan pada malam hari setelah jam kerja dan juga hari Sabtu dan Minggu. Pengadaan kuliah karyawan di luar jam efektif ini dimaksudkan agar jam kerja dan jam perkuliahan tidak bentrok. Sehingga mahasiswa bisa dengan mudah mengikuti perkuliahan tanpa khawatir harus meninggalkan jam kerja. 

Pahami materi perkuliahan


Karyawan yang memutuskan untuk mengikuti kuliah karyawan biasa membutuhkan jurusan dan ilmu yang linier dengan bidang kerja masing-masing. Tidak heran bila biasanya jurusan kuliah karyawan hanya seputar jurusan-jurusan yang nantinya banyak diminati di dunia kerja atau banyak diminati oleh para karyawan. Beberapa jurusan yang banyak diminati sebagai kuliah karyawan adalah jurusan komputer, administrasi, ekonomi, teknik, dan sebagainya. Beberapa jurusan tersebut biasanya mencakup bidang pekerjaan yang luas sehingga banyak diminati oleh karyawan.

Rencanakan lama studi


Bila pada umumnya kuliah dengan jenjang strata 1 atau S1 ditempuh dalam waktu empat tahun, namun lama studi untuk kelas karyawan biasanya berbeda. Kelas karyawan menawarkan masa studi yang lebih singkat dengan jenjang karir yang sama. Hal ini biasanya ditujukan untuk mahasiswa yang sebelumnya sudah menempuh perkuliahan namun masih membutuhkan jenjang yang lebih tinggi lagi misalnya diploma I, II, dan III. Meskipun waktu studi lebih singkat, namun materi yang disampaikan ketika perkuliahan biasanya tidak jauh berbeda dengan kelas reguler pada umumnya.  

Informasikan pada atasan tentang rencana studi


Ketika anda memutuskan untuk mengambil kelas karyawan, anda harus menginformasikan pada atasan tentang rencana studi ini. Hindari mengambil pendidikan lanjutan dengan cara sembunyi-sembunyi karena nantinya hanya akan menyusahkan anda. Tidak perlu sungkan untuk menyampaikan rencana studi ini pada atasan karena biasanya perusahaan akan mendukung pilihan anda. Dengan memberitahu atasan rencana studi, anda akan semakin mudah untuk mendapatkan izin terkait dengan perkuliahan. Selain itu, perusahaan juga pasti akan mendukung karena nantinya ilmu yang anda dapatkan selama perkuliahan akan digunakan untuk kemajuan perusahaan. 

Rencanakan biaya kuliah


Meskipun kuliah karyawan lebih singkat dari kuliah reguler, namun masalah biaya tetap sama-sama mahal. Anda perlu merencanakan biaya kuliah sebaik mungkin dan menyisihkan sebagian penghasilan untuk kuliah. Agar biaya kuliah tidak terlalu banyak, anda bisa merencanakan studi yang lebih cepat. Semakin cepat anda menyelesaikan kuliah, maka semakin sedikit biaya yang harus anda keluarkan. Walaupun artinya anda harus lebih giat lagi dalam belajar agar bisa menyelesaikan kuliah lebih cepat atau setidaknya tepat waktu.

No comments:

Powered by Blogger.