Breaking

Dijual dengan Harga Selangit, Ternyata 5 Jenis Batu Akik Berasal dari Indonesia Lho!


Sumber : Shopee.co.id
Ketika pertama kali bapak Joko Widodo (Jokowi) menjadi presiden di Indonesia pada tahun 2015 dunia batu akik sempat gempar di tanah air. Kala itu banyak berbagai jenis batu akik yang memiliki kualitas biasa-biasa saja hingga batu akik langka dan nilai jualnya tentu juga sangat tinggi.

Beberapa tahun ke belakang, tidak hanya kaum laki-laki saja yang memakai batu akik ini melainkan para wanita dan bu-ibu rumah tangga juga banyak memakai dan menyukainya. Bahkan mereka semua berlomba untuk mencari dan mendapatkan batu akik yang menjadi idamannya.

Mahalnya batu akik dilihat dari semakin langkanya batu itu didapatkan dan bentuknya yang unik, sehingga ini akan menarik para penggemar batu akik. Saat ini

banyak jenis batu akik yang ada di Indonesia dijual dengan harga yang cukup mahal. Apa saja itu? Berikut beberapa daftar batu akik yang berasal dari Indonesia. Check this out!

1. Batu akik topaz

Yang pertama ada batu akik topaz. Batu akik yang satu ini memiliki banyak jenis. Tapi dari sekian banyak jenisnya hanya beberapa saja yang dapat kita jumpai dari mulai yang berwarna biru, hijau, jingga, kuning, dan kemerahan. Banyak para kolektor berburu batu akik jenis ini, jadi tak heran jika batu akik topaz ini merupakan jenis yang paling dicari. Batu akik topaz ini juga dipercaya memiliki nilai tersendiri bagi majikannya. Misalnya dapat menghilangkan stress atau depresi, menjaga keseimbangan kesehatan jiwa raga, menjaga kinerja otak dan membawa kedamaian batin.

2. Batu safir

Batu akik safir ini memiliki banyak warna yang beragam mulai dari ungu, merah muda, kuning, jingga dan biru. Kebanyakan pemilik batu ini merubahnya menjadi cincin. Tidak berbeda jauh dari jenis batu akik sebelumnya yaitu topaz, dari sebagian orang percaya bahwa batu akik ini bermanfaat sebagai ketenangan batin dan memancarkan aura positif pada tubuh pemiliknya.

3. Batu zamrud

Sama seperti batu topaz batu akik yang satu ini juga paling sering diburu oleh para kolektor batu akik. Yang khas dari batu akik zamrud ini adalah warna hijaunya. Seperti batu akik lainnya, batu zamrud ini juga dipercaya oleh beberapa orang sebagai bentuk dari kemakmuran dan kedamaian. Selain itu batu zamrud ini merupakan batu akik yang paling keras dengan tingkat kekerasannya yang mencapai 7 mohs.

4. Batu Kalimaya (Opal)

Batu akik Opal atau yang biasa disebut dengan Kalimaya ini merupakan salah satu jenis yang sangat populer dan paling diburu oleh para kolektor batu akik, maka tak heran jika batu ini tidak kalah populernya ketimbang tiga batu akik sebelumnya. Ciri dari batu ini memiliki pancaran warna yang banyak serta indah ketika dipandang, maka tak heran jika batu ini memiliki harga yang begitu mahal yakni bernilai US$ 2.500/ karat atau setara dengan Rp 36 juta/ karat. Batu ini banyak ditemukan di daerah Banten-Jawa.

5. Batu akik Bacan

Jenis batu akik ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia dan sangat populer juga bagi para kolektor batu mulia. Batu bacan ini sering ditemukan di daerah Halmahera selatan / Maluku utara dan lebih tepatnya di pulau bacan. Jenis doko dan palamea merupakan batu bacan yang paling sering diburu oleh para pecinta batu akik.

Batu bacan doko berwarna hijau gelap sedangkan batu bacan palamea berwarna hijau kebiru-biruan. Doko dan Palamea ini memang memiliki warna serupa tetapi tidak sama. Kedua jenis ini memiliki harga yang bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Demikian beberapa batu akik langka dengan harga yang mahal berasal dari Indonesia. Dari kelima batu akik di atas, mana yang paling kamu sukai?

No comments:

Powered by Blogger.