Breaking

Mengapa UI Berpredikat Sebagai International University

Mengapa UI Berpredikat Sebagai International University
Universitas Indonesia atau UI selain sebagai perguruan tinggi nasional yang memiliki predikat sebagai universitas terbaik di Indonesia, UI juga menyelenggarakan proses pembelajaran untuk kelas internasional yang bermitra dengan beberapa perguruan tinggi ternama yang ada di beberapa negara di dunia seperti Belanda, Jerman, 

Australia dan Inggris. Oleh karena hal tersebut, maka Uiniversitas Indonesia menyandang predikat sebagai International University yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Ada beberapa fakultas yang diselenggarakan dengan sistem kelas internasional tersebut yaitu diantaranya fakultas kedokteran, teknik, ekonomi, psikologi dan sosial politik. 

Tentu saja ada alasan khusus mengapa sebuah perguruan tinggi dikatakan sebagai international university, beberapa persayaratan yang diharuskan untuk sebuah universitas internasional sudah dipenuhi oleh UI sehingga pada akhirnya UI bisa dikategorikan sebagai universitas internasional yang pernah dimiliki Indonesia.

Ada beberapa hal lainnya yang menjadi penyebab atau alasan mengapa Universitas Indonesia menjadi sebuah International University kebanggan seluruh bangsa dan negara Indonesia. Adapun hal – hal tersebut adalah sebagai berikut :
  • UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia
  • UI tidak hanya diminati oleh masyarakat Indonesia saja, namun juga sangat diminati oleh para pelajar yang berasal dari luar Indonesia
  • Berbagai konferensi internasional digelar Universitas Indonesia dalam rangka memacu pengembangan budaya riset dan inovasi. Berbagai upaya dilakukan UI menuju hal itu baik yang digelar dalam dan luar kampus.
  • UI memiliki sebanyak 2.000 dosen, di mana 500 di antaranya merupakan peneliti aktif yang memiliki reputasi diakui dunia internasional.
  • Alasan lain mengapa UI dikategorikan sebagai International University adalah bahwa UI sudah menuai banyak prestasi pemeringkatan internasional. Saat ini UI universitas terbaik di Indonesia yang duduk di peringkat 758 Webometrics Ranking of World University 2016. UI juga baru saja memperbaiki peringkat Quacquarelli Symonds (QS) University Ranking 2016 dari urutan 79 ke 67 dari 100 universitas unggulan di Asia pada Juni 2016.

No comments:

Powered by Blogger.