Anda saat ini akan melanjutkan pendidikan S2 di luar negeri. Lalu apa saja cara untuk mendaftar beasiswa S2 di luar negeri. Berikut 7 cara untuk mendaftar beasiswa di luar negeri.

  • Tentukan Bidang Peminatan

Anda harus memiliki minat atau keinginan apa yang Anda inginkan saat menempuh pendidikan tersebut. Contohnya “Saya ingin berkarir di bidang hubungan internasional, sehingga saya memutuskan untuk melanjutkan kuliah di bidang yang sama saat saya mengambil jenjang S1.”

  • Tentukan Jurusan dan Universitas

Selanjutnya Anda tentukan universitas atau perguruan tinggi yang akan di pilih lalu pilihlah jurusannya. Tentukan perguruan tinggi yang menyediakan program S2 dengan jurusan atau peminatan yang Anda inginkan.

  • Cari Tahu Informasi Lebih Lengkap

Carilah informasi mengenai kurikulumnya, tenaga pengajar, prospek kerja dan serba serbi tentang universitas tersebut. Lebih baik lagi jika Anda bisa menghubungi dosennya untuk informasi mengenai program beasiswa.

  • Carilah Informasi Mengenai Persyaratan Beasiswa

Carilah informasi persyaratan syarat IPK, kualifikasi akademik, sertifikasi Bahasa Asing, surat rekomendasi, portofolio, esai, atau sertifikasi tertentu jika ada (seperti GMAT, GRE dan lain-lain). Sekarang ini hampir setiap perguruan tinggi yang menyediakan program S2 mensyaratkan GMAT. Maka dari itu banyak para calon pendaftar yang mempersiapkannya jauh-jauh hari seperti mengikuti GMAT Online Preparation.

  • Pastikan Batas Akhir Pendaftaran

Anda jangan sampai lupa batas akhir pendaftaran. Sebagian besar batas akhir pendaftaran kampus-kampus di Amerika dan Kanada adalah bulan Januari, Sedangkan Inggris dan Eropa bulan Juli. Untuk kampus-kampus di Inggris umumnya menggunakan sistem rolling basis yang mana mereka akan mengumumkan hasil seleksi meskipun belum berakhir masa pendaftarannya.

  • Kontak Dosen untuk Saran atau Rekomendasi

Jika Anda sudah mengetahui batas akhir pendaftaran maka alangkah baiknya carilah atau kontak dosen yang bisa membantu bahkan memberikan rekomendasi untuk bisa lulus beasiswa.

  • Registrasi Akun

Hampir seluruh perguruan tinggi di luar negeri membuka program beasiswa secara online. Anda biasanya akan diminta mengisi data secara online.

Itulah sebabnya saat ini banyak sekali program persiapan kuliah di luar negeri secara online seperti GMAT Online Preparation. Maka dari itu sebaiknya Anda segera mungkin membuat akun di universitas yang dipilih.
Itulah 7 cara untuk mendaftar beasiswa S2 di luar negeri.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top