Siapa sih masyarakat Indonesia yang tidak mengerti keberadaan soto madura? Rata-rata dari semua orang pasti akan menjawab bahwa mereka sudah mengenal keberadaan soto madura. Soto ini memang khas dari Madura, namun kederadaannya di Indonesia kini sudah merajalela karena soto jenis ini dapat kita temukan dimana saja. Banyak orang yang menjual soto madura, namun terkadang ada beberapa yang rasa bahkan bentuknya tidak seperti soto madura, sehingga membuat kita menyesal telah membelinya. Untuk itu, alangkah lebih baik jika kita mencoba membuat soto madura sendiri di rumah. Bumbu masakan soto ayam yang digunakan tidak begitu susah dan cara membuatnya tidak ribet jadi anda semua dapat mencobanya.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan soto ini tidak jauh beda dengan pembuatan soto-soto biasa lainnya, hanya saja ditambah dengan telur rebus yang dipotong-potong sebagai pelengkapnya. Bumbu soto yang digunakan juga tidak jauh beda dengan bumbu soto lainnya, diantaranya adalah bawang putih, kunyit yang sudah dibakar, merica, kemiri sangrai, dan jahe. Cara membuatnya mudah saja, pertama kita rebus ayam untuk mengambil kaldunya, kemudian goreng ayam tersebut sampai kekuningan kemudian angkat dan tiriskan. Setelah itu tumislah bumbu yang sudah dihaluskan, daun serai dan daun jeruk sampai baunya harum. Lalu masukkan kaldu ayam , gula pasir, merica bubuk, dan garam kemudian aduk hingga rata. Anda hanya perlu menata ayam tadi di sebuah piring lalu tuang kuad soto dan taburi dengan bahan tabudan dan soto madura buatan rumah sudah siap dihidangkan. Meskipun terlihat sedikit sulit dalam mencari bumbu rempah-rempahnya, namun jika anda memang tidak suka dengan soto madura buatan oranglai, lebih baik anda membuat sendiri dirumah karena rasanya akan lebih memuaskan.

Setelah kita dapat menikmati soto madura hasil buatan kita sendiri dengan bumbu soto yang kita racik sendiri, kurang afdol rasanya jika soto tidak dimakan dengan tambahan kecap dan jeruk nipis. Oiya, jangan lupa jika anda memilih kecap untuk dikonsumsi, pilihlah kecap yang ramah lingkungan dan yang menggunakan kedelai alami pilihan agar jika kita mengkonsumsi kecap tersebut secara berturut-turut kita tidak akan mengalami gangguan kesehatan pada tubuh kita. Untuk itu, pilihlah kecap bango yang telah teruji ramah lingkungan dan sudah jelas menggunakan bahan dasar yang alami dan berkualitas. Maka dari itu, saya peringatkan kepada anda untuk harus pintar dalam memilih sesuatunya.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top