Rumah atau tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok yang diperlukan oleh semua orang untuk berlindung dan menjalankan kehidupan yang nyaman bersama keluarga. Namun untuk memiliki tempat tinggal yang nyaman dan sesuai keinginan, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit dan bahkan sebagian kalangan belum mampu untuk membeli rumah yang diinginkan karena keterbatasan biaya yang dimiliki. Dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengumpulkan uang dan menabung supaya rumah idaman bisa diperoleh mengingat harga rumah yang semakin meningkat dari hari ke hari.

Tetapi saat ini berbagai bank menawarkan solusi yaitu melalui program KPR yang merupakan program kredit atau cicilan rumah yang dapat anda manfaatkan untuk memperoleh rumah impian melalui sistem pembayaran angsuran sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak bank. Berbagai bank memberikan penawaran KPR yang cukup bervariasi dan bisa anda pilih sesuai keinginan. Sebelum menentukan program KPR mana yang akan anda pilih, lakukanlah perhitungan simulasi KPR dengan baik sebagai bentuk pertimbangan anda ketika akan membeli rumah. Selain itu, pertimbangkanlah beberapa hal di bawah ini ketika KPR akan diajukan, yaitu:

1.       Rumah yang akan dibeli.
Pilihlah rumah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda beserta keluarga. Utamakanlah kenyamanan yang anda peroleh dari rumah yang anda inginkan. Selain itu, sesuaikanlah fasilitas yang tersedia dengan kebutuhan sehingga rumah idaman yang anda pilih adalah rumah terbaik yang siap dijadikan tempat tinggal bagi keluarga. Jangan lupa untuk pertimbangkan harga rumah yang akan anda beli karena besar kecilnya harga rumah sangat mempengaruhi biaya angsuran KPR tiap bulan yang wajib anda penuhi. Selain itu, nilai DP atau uang muka yang harus anda siapkan juga setidaknya diperhitungkan berdasarkan 30% dari total harga rumah yang akan anda beli.

2.       Besaran bunga KPR.
Setiap bank memberikan penawaran bunga yang berbeda satu sama lain. Semakin besar bunga yang diberikan, semakin besar pula cicilan tiap bulan yang perlu anda bayarkan. Oleh karena itu, pilihlah bunga KPR yang rendah dan terjangkau sehingga biaya angsuran yang anda keluarkan setiap periode mudah dipenuhi dan pembayaran berjalan dengan baik. Sebab, besaran bunga sangat mempengaruhi jumlah perhitungan biaya keseluruhan yang harus anda keluarkan untuk membeli rumah mengandalkan program KPR tersebut.

3.       Lamanya periode atau masa cicilan.
Berbagai bank yang menawarkan program KPR tentu saja memberikan beberapa pilihan jangka waktu cicilan yang perlu anda pertimbangkan dengan matang. Apabila masa cicilan yang anda pilih terbilang singkat yaitu 3 tahun misalnya, tentu saja biaya angsuran yang dikeluarkan tiap bulan nominalnya besar namun total biaya keseluruhan dari awal hingga lunas terbilang lebih kecil daripada jangka waktu yang lebih lama. Sedangkan jika anda memilih jangka waktu yang panjang misalnya 10 tahun, maka nominal cicilan yang dikeluarkan lebih kecil namun total keseluruhan biaya yang anda keluarkan menjadi lebih besar, bisa mencapai hampir dua kali lipat dari harga asli rumah yang anda beli tersebut.

Ketiga hal tadi merupakan faktor utama penentu besar kecilnya biaya angsuran yang harus anda bayarkan setiap bulan. Apabila mempertimbangkan ketiga hal tersebut dengan baik dan matang, maka KPR yang anda ajukan pasti bisa berjalan lancar. Selain mempertimbangkan simulasi KPR berdasarkan ketiga hal tersebut, jangan lupa untuk mempertimbangkan ketentuan lain yang diberikan oleh pihak bank sehingga biaya yang akan anda keluarkan bisa terukur dan terhitung dengan baik dan maksimal.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top