Bagi anda yang senang memasak dan membuat aneka makanan sendiri di dapur sudah pasti akrab dengan bahan makanan bernama tepung terigu. Hampir di setiap sajian makanan, kue-kue basah, kue kering, atau cake semuanya menggunakan bahan dasar tepung terigu. Bagi orang awam mungkin tidak banyak yang tahu tentang jenis-jenis tepung terigu selain mungkin merk dan harga yang memebdakannya. Padahal tepung terigu terdiri dari tiga jenis yang berbeda, berdasarkan kandungan proteinnya, yaitu tepung terigu protein rendah, tepung terigu protein tinggi, dan tepung terigu protein sedang.

Pembuatan ketiga jenis tepung terigu ini bukan tanpa alasan, karena masing-masing jenis tepung terigu ini mempunyai kegunaan yang berbeda-beda dalam setiap adonan makanan yang anda buat. Dalam artikel ini saya akan membahas sedikit tentang tepung terigu protein tinggi dan yang membedakannya dengan jenis tepung terigu yang lainnya.

Tepung terigu protein tinggi mempunyai kadar protein atau gluten sebesar 13%. Sehingga dengan kandungan gluten yang cukup besar menjadikan adonan dari tepung terigu ini lebih mudah difermentasi, lebih elastic, lebih mudah diuleni, dan membuat adonan menjadi lebih mengembang karena mempunyai sifat dapat menyerap air lebih banyak sehingga tepung terigu jenis ini sangat cocok untuk membuat adonan roti, pasta, mie atau kulit martabak. Karena teksturnya yang keyal dan lembut, sehingga mudah digiling dan dibentuk sangat tipis.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top