Breaking

Ingin Cincin Berlian yang Berkualitas Perhatikan 6 Hal Ini



Berlian adalah batu permata yang abadi karena tidak mudah rusak ataupun kehilangan keindahannya. Namun hal tersebut tentu saja tergantung dari kualitas berlian yang Anda beli. Semakin berkualitas berlian yang Anda beli maka ketahanan dan keindahannya juga akan semakin tinggi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas berlian. Apabila ingin mendapatkan cincin berlian yang berkualitas, maka Anda wajib memperhatikan faktor-faktor tersebut ketika membelinya. Langsung saja berikut ini pembahasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas perhiasan berlian:

Color atau Warna

Pada umumnya, berlian memiliki warna bening karena berasa dari karbon yang mengalami proses pemampatan dan pengerasan. Akan tetapi terkadang akan ada zat lain yang ikut di dalam prosesnya sehingga menimbulkan warna berlian yang berbeda. Contohnya nitrogen yang bisa membuat berlian berwarna kekuningan atau kristal lain yang membuat berlian berwarna kecoklatan. 



GIA atau Gemological Institute of America membagi kualitas berlian berdasarkan warna dari D hingga Z. Berlian paling baik atau paling bening diberikan simbol D, sedangkan berlian dengan kualitas warna rendah diberikan simbol Z. Namun hal tersebut tidak termasuk dengan fancy diamond color atau berlian dengan warna.

Clarity atau Kejernihan

Faktor yang mempengaruhi kualitas cincin berlian asli selanjutnya adalah clarity atau kejernihan. Tingkat kecacatan berlian yang tinggi membuat kualitas dan harganya menurun. Berdasarkan standar dari GIA, kejernihan atau clarity dikelompokkan menjadi beberapa tingkat yaitu FL (flawless) atau tanpa cacat, IF (internally flawless) atau tidak cacat di dalam namun ada bekas di luar, VVS (very very slightly included, VS (very slightly included) dan terendah I (included).

Cut atau Potongan

Cut atau potongan ternyata berpengaruh besar terhadap kualitas berlian yang akan Anda beli. Potongan yang baik dan presisi bisa membuat berlian memiliki pantulan cahaya yang lebih baik. Dengan begitu, keindahan cincin yang Anda miliki tidak akan tertandingi. GIA menggolongkan cut berdasarkan nilai excellent, very good, good, fair, serta paling rendah poor. 

Carat atau Berat Karat

Berat karat atau yang lebih dikenal dengan istilah carat saja ini berbeda dengan penilaian pada emas. Pada emas, carat berhubungan dengan kemurnian. Sementara pada berlian, karat menunjukkan massa. Semakin besar nilai berat karat, maka kualitas berlian juga semakin tinggi.

Certificate atau Sertifikat

Sertifikat menjadi hal selanjutnya yang berpengaruh terhadap kualitas cincin yang Anda beli. Pada umumnya, cincin yang menawarkan sertifikat memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan cincin yang tidak menawarkannya. Akan tetapi, jaminan yang didapatkan juga lebih pasti. Berlian yang memiliki sertifikat dari GIA sudah terbukti keasliannya. Selain GIA ada beberapa lembaga lainnya yang juga mengeluarkan sertifikat berlian seperti IGI, AGS, HRD, dan lain-lain.

Material Logam Berkualitas

Material logam menjadi hal terakhir yang berpengaruh terhadap kualitas berlian. Logam ini pada umumnya digunakan sebagai ring atau lingkaran cincin. Jika logam yang digunakan berkualitas maka berlian tetap terjaga atau tidak gampang rusak. Salah satu logam berkualitas yang biasa digunakan untuk membuat cincin adalah platinum. Selain platinum, emas putih dan emas kuning juga memiliki kualitas yang baik.

Itulah 6 hal yang perlu Anda perhatikan apabila ingin mendapatkan cincin berlian asli yang berkualitas. Rekomendasi toko perhiasan yang menawarkan perhiasan berlian dengan kualitas terbaik adalah Mondial Jeweler. Anda bisa mendapatkan berbagai macam cincin mulai dari cincin wanita, cincin pria, cincin tunangan, cincin nikah, hingga cincin custom. Logam yang digunakan adalah platinum dan emas kuning yang terkenal akan kualitasnya. Dapatkan cincin favorit Anda sekarang juga sebelum kehabisan dengan mengunjungi website Mondial Jeweler di alamat mondialjeweler.com.

No comments:

Powered by Blogger.