Breaking

Dukung dan Kenali Tumbuh Kembang Si Kecil Dengan Susu S26 Procal GOLD



Seiring dengan terus bertambahnya usia si Kecil tentu saja pertumbuhan dan perkembangannya akan mengalami perubahan dari berbagai aspek. Ada 2 aspek yang bisa Mam dan Pap cermati dari pertumbuhan dan perkembangan si Kecil, yaitu perubahan fisik yang dapat diukur dan pertambahan kemampuan struktur, serta fungsi tubuh yang lebih kompleks. Masa kecil sering disebut sebagai periode emas, pada periode usia 0 sampai 5 tahun terjadi peningkatan yang sangat pesat pada pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Rangkaian nutrisi dalam Susu S-26 Procal GOLD akan membantu tumbuh kembang si Kecil karena mengandung protein, alfa laktalbumin, kalsium, vitamin D, dan fosfor.

Pertumbuhan merupakan perubahan yang bersifat dapat diukur, kuantitatif, dan terjadi secara fisik. Pertumbuhan si Kecil bisa dipantau dari pengukuran tinggi badan, lingkar kepala, berat badan, dan ukuran lainnya sesuai usia dengan standarisasi alat ukur tertentu. Sedangkan perkembangan merupakan pertambahan kemampuan struktur serta fungsi tubuh yang lebih kompleks, misalnya saja si Kecil bisa berjalan atau berbicara. perkembangan bisa diamati dari cara ia bermain berbicara belajar dan bersikap.



Pertumbuhan dan perkembangan si Kecil dipengaruhi oleh faktor-faktor internal dan eksternal faktor internal berkaitan dengan perbedaan ras, jenis kelamin, usia, genetik dan kromosom. Sedangkan faktor eksternal sendiri, meliputi keadaan lingkungan sosial ekonomi nutrisi serta stimulasi psikologis. Periode emas si kecil ini berlangsung pada rentang usia 0 sampai 5 tahun. Usia tersebut merupakan fase awal tumbuh kembang si Kecil yang akan berpengaruh pada fase-fase selanjutnya. Pada masa ini Mam harus semakin cermat dan teliti untuk mendapatkan hasil yang optimal, serta mencegah terjadinya kelainan sedini mungkin.

Stimulasi Tumbuh Kembang Otak 

Simulasi pada jaringan otak akan sangat penting pada periode emas si Kecil. Semakin banyak stimulasi yang memberikan kepada si Kecil, jaringan otak akan berkembang hingga mencapai 80 persen pada usia 3 tahun. Sebaliknya, fungsi otak akan menurun apabila si Kecil tidak pernah diberi stimulasi yang cukup maka jaringan otaknya akan mengecil. Hal tersebut bisa menyebabkan perkembangan si Kecil menjadi terhambat stimulasi pada si Kecil, bisa mempengaruhi perkembangan kecerdasan otak, penyimpangan tumbuh kembang atau bahkan hingga gangguan perkembangan yang menetap. 

Pembagian Area Perkembangan

Perkembangannya si Kecil dibagi menjadi beberapa area seperti:

  • Berlari, berjalan (motorik kasar)

  • Menggambar (motorik halus)

  • Mendengar, melihat (sensorik)

  • Bermain bergantian, bermain bersama (sosial)

  • Mengucapkan kata hingga kalimat (bahasa)

Pertumbuhan dan perkembangannya pada umumnya berbeda-beda timbulnya, namun tetap ada batasan waktu yang cukup luas dimana masih dapat dikategorikan normal. Untuk mendukung pertumbuhan si kecil dibutuhkan kecukupan gizi yang baik. Selain membantu pertumbuhan dan perkembangan dengan nutrisi serta kebiasaan makan yang baik, akan mencegah penyakit seperti diabetes tipe 2, obesitas, tekanan darah tinggi. Kurang nutrisi akan menyebabkan gangguan perkembangan intelektual pada si kecil. Susu S26 Procal GOLD diformulasikan untuk membantu memenuhi nutrisi si Kecil berdasarkan usianya.

Pertumbuhan dan Perkembangan Gigi

Pertumbuhan gigi juga akan terlihat pada saat periode emas si kecil.  Pertumbuhan gigi berbeda-beda tergantung dengan keturunan, tetapi penyakit tertentu seperti hipopituitari, rickets, hipotiroidisme, atau down syndrome bisa memperlambat pertumbuhan gigi. Pertumbuhan gigi ditandai dengan adanya pembengkakan pada gusi bawah si Kecil, kemungkinan besar akan merasakan sakit karena pembengkakan ini biasanya si kecil mengalami demam. 

Si Kecil akan berubah menjadi lebih rewel menggigit-gigit sesuatu dan sering menangis. Dalam masa ini juga si Kecil akan lebih sering mengeluarkan air liur dibandingkan sebelumnya. Oleh karena itu bisa memakaikan alas dada seperti handuk, agar dapat selalu mengeringkan dagu dan pipi si kecil yang terkena liur hal tersebut mencegah terjadinya iritasi pada kulit si kecil.

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD ( Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.

No comments:

Powered by Blogger.