Breaking

Berat badan ideal untuk anak balita



Memiliki buah hati dengan berat badan berisi atau gemuk bisa membuat Mam menjadi lebih bangga. Berat badan yang lebih berisi biasanya menjadi salah satu tolak ukur bahwa anak-anak tumbuh lebih sehat. Akan tetapi kondisi tubuh yang terlalu gemuk pada dasarnya menjadi salah satu ciri pertumbuhan anak yang kurang baik. 


Permasalahan obesitas atau kelebihan berat badan pada anak-anak bisa memicu timbulnya beberapa macam penyakit berbahaya di usia muda seperti stroke, asma hingga diabetes. Penyebab obesitas maupun kelebihan berat badan berasal dari faktor lingkungan maupun kebiasaan sementara sisanya disebabkan oleh faktor genetik. Untuk mengetahui si kecil mengalami obesitas atau tidak perlu mengetahui dan memantau berat badan si kecil secara berkala terlebih lagi berat badan anak 1 tahun.


Selain itu juga perlu mengetahui berat badan ideal pada anak-anak balita yang berusia dibawah 5 tahun berikut ini ada beberapa fakta yang perlu diketahui oleh setiap orang tua yang berkaitan dengan berat badan buah hatinya. Pada saat usia 1 tahun contohnya biasanya berat badan si kecil akan bertambah tiga kali lipat dari berat badan ketika mereka lahir. 



Berdasarkan standar berat badan menurut umur dari Kementerian Kesehatan, berat badan anak 1 tahun adalah sekitar 9,6 kg khusus untuk anak laki-laki Sedangkan untuk anak perempuan berat badan idealnya adalah 8,9 kg. Apabila kita memiliki pertumbuhan berat badan yang kurang maupun lebih dari standar tersebut maka kita perlu lebih memperhatikan asupan makanan dan nutrisi bagi mereka.


Selain mengetahui berat badan anak 1 tahun yang ideal, para orang tua juga perlu mengetahui berat badan ideal pada jenjang usia berikutnya, Bagi anak yang berusia 2 tahun standar berat badan yang dipublikasikan oleh Kementerian Kesehatan adalah sekitar 12,2 kg untuk anak laki-laki dan berat badan ideal untuk anak perempuan sekitar 11,5 kg. Untuk mencapai target tersebut tentunya moms perlu memperhatikan asupan nutrisi yang baik bagi buah hatinya sehingga mereka akan memiliki berat badan yang lebih ideal. Selain memperhatikan berat badan anak satu tahun hingga berusia 2 tahun koma pada usia 3 tahun mamas juga harus melakukan pengecekan berat badan secara berkala sehingga mengetahui apabila buah hatinya mengalami permasalahan berat badan ketik untuk usia 3 tahun berat badan ideal untuk anak laki-laki sekitar 14,3 kg sedangkan pada anak perempuan yaitu sekitar 13,9 kg.


No comments:

Powered by Blogger.