Setiap orang tua haruslah mengajarkan hal-hal yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional. Kecerdasan secara emosi mempunyai peranan besar dalam mendukung kecerdasan intelektual. Untuk melihat tingkat kecerdasan emosi pada anak bisa dilihat dari tingkah lakunya.

Setiap orang tentunya akan merasa senang jika melihat tumbuh kembang anak yang lebuh maju, pertumbuhan anak tidak hanya fisiknya saja melainkan tumbuh kembang koginifnya, untuk itu sangat penting untuk memperhatikan tumbuh kembang otak anak dengan cara selalu melatih kecerdasannya.selain kecerdasan kognitif kecerdasan emosional sangatlah penting bahkan kecerdasan secara emosi berperan lebih besar dalam menentukan kecerdasan intelektual. 

Sebenarnya anak secara alami sudah mampu mengungkapkan keinginannya secara emosi, misalnya saja menangis karena ingin sesuatu, peran orang tua dalam hal ini yakni menjelaskan atau bertanya mengapa menangis, ingin apa? hanya saja jika anak menginginkan segala sesuatu tidak harus selalu dituruti oleh orang tuanya hal ini untuk melatih kesabaran secara emosional pada anak.

Dengan mengajarkan anak pada kecerdasan emosional secara terus menerus terutama sejak kecil, maka kelak dewasa ia akan menggapai apa yang dicita-citakannya dengan sukses. Sebagai orang tua tidak hanya memberikan pengajaran mengenai kecerdasan secara emosi tetapi juga harus melihat tingkat kecerdasan anak hasil dari pengajaran yang ibu berikan, caranya yaitu sebagai berikut ini.

Jika anak menginginkan sesuatu maka ia akan mengungkapkannya diwaktu yang tepat serta mengetahui manfaat apa yang akan ia dapatkan.
Anak yang memiliki kecerdasan secara emosi akan mampu mengatur suasan hatinya dan tidak melukai hati orang lain.
Anak mampu berempati kepada teman sesamanya dan membantu jika membutuhkan bantuannya.
Anak akan siap menghadapi masalah serta mampu mengatasinya denga baik.
Anak yang memiliki kecerdasan emosional akan mampu mengontrol emosinya manakala ada sesuatu yang diinginkannya tidak terlaksana, selain itu ia tidak akan melakukan berbagi hal negatif meski keinginannya tidak terpenuhi.

Beberapa point diatas hanyalah sebagian saja dalam melihat peningkatan kecerdasan anak.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top