Manfaat Sepeda Untuk Anak

Sepeda merupakan salah satu bentuk perkembangan stimulasi yang dimaksudkan untuk mengoptimalkan proses tumbuh-kembang pada anak. Menurut salah seorang psikolog anak ternama, stimulasi sistematis yang dilakukan secara terus menerus pada balita lewat aktifitas yang menyenangkan seperti bermain akan memiliki dampak pengoptimalan proses tumbuh-kembang balita dibandingkan mereka yang jarang sekali mendapatkan stimulasi yang menyenangkan. 

Salah satu mainan untuk perkembangan anak adalah sepeda. Sepeda adalah salah satu media yang dapat memberikan banyak manfaat pada anak Anda. Tetapi, tahukah Anda bahwa banyak hal yang dapat anak pelajari melalui sepeda roda tiga, untuk anak usia 2-5 tahun?.

Tahapan awal adalah mengayuh. Mengayuh sepeda roda merupakan jenis permainan tidak terstruktur yang bermanfaat bagi perkembangan anak seperti halnya berlari-lari, berenang atau bermain bola. Dengan bersepeda, beragam kemampuan anak, seperti keseimbangan, kemampuan konsentrasi, kemampuan motorik. Menyelaraskan gerakan kaki ketika mengayuh bermanfaat untuk melatih ketangkasan anak dalam mengendalikan laju sepeda. 

Sepeda roda tiga juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan, terutama tulang paha dan tungkai balita. Pada bagian ini terdapat suatu jaringan tulang yang masih dapat membesar dan memanjang yang disebut garis epiphyseal. Umumnya anak sudah bisa mengendarai sepeda roda tiga dengan baik saat usianya 3 tahun. Dengan bersepeda anak belajar bertanggung jawab atas kepemilikan barang, mendapatkan ketangkasan saat belajar arah, kiri, kanan, depan, dan belakang sehingga anak bisa berkonsentrasi serta belajar disiplin dengan mengerem dan melajukan sepeda di waktu yang tepat.

Sepeda roda tiga untuk balita usia 2-5 tahun yang juga dapat dirasakan adalah melatih keberanian dalam berkomunikasi dalam perkembangan anak, apalagi jika aktifitas ini dilakukan secara bersama-sama dan melibatkan teman-teman dengan usia sebayanya. Untuk mendukung anak dalam berbagai aktifitas belajarnya berilah DANCOW Advanced Excel nutrisi yang merupakan inovasi terbaru dari Nestle Research Centre. 

Dengan kandungan lebih dari 3X Lactobacillus yang merupakan perlindungan sebagai pondasi untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan stimulasi Si Kecil agar ia dapat belajar, bereksplorasi agar tumbuh kembangnya optimal.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top