Menerapkan Aturan Disiplin Bagi Anak Laki-Laki

Anak laki-laki yang tidak disiplin sering membuat orang tua merasa kewalahan. Karena orang tua harus menyisihkan waktu lebih banyak untuk memperhatikan dan membimbing anak laki-laki. Padahal sebenarnya anak laki-laki juga bisa menjadi sosok disiplin yang tidak kalah dengan anak perempuan. Asalkan orang tua bisa menerapkan aturan disiplin sedini mungkin bagi anak laki-laki.
 
Ternyata beberapa aturan sederhana berikut ini bisa ditanamkan kepada anak laki-laki sejak kecil. Supaya anak laki-laki memiliki rasa tanggung jawab dan kedisiplinan yang baik :

Anak Laki-Laki Juga Wajib Membantu di Rumah
Bukan hanya anak perempuan saja yang wajib membantu aktivitas pekerjaan rumah tangga. Anak laki-laki pun tidak boleh bermalas-malasan ketika berada di rumah. Sebaiknya kita mengajak anak laki-laki untuk rajin membersihkan rumah atau belajar memperbaiki sesuatu yang rusak. Sehingga anak laki-laki terbiasa mengambil peran sebagai pelindung keluarga sejak kecil.

Bertanggung Jawab Terhadap Saudara Perempuan
Pelajaran disiplin lainnya bisa diterapkan dengan cara mengajarkan tanggung jawab terhadap saudara perempuan. Anak laki-laki harus bisa menjadi contoh yang baik sekaligus pelindung bagi saudara perempuan. Biarkan anak laki-laki belajar melindungi saudara perempuannya dengan cara sederhana, misalnya dengan mengantar atau menjemput saudara perempuan yang sedang bepergian.

Aturan Jam Malam untuk Anak Laki-Laki
Aturan jam malam untuk anak laki-laki patut diberlakukan sejak masih kecil. Tetapkan jam pulang yang tepat untuk anak laki-laki. Supaya anak laki-laki tidak merasa bebas berkeliaran di luar rumah. Siapkan pula pakaian tidur agar anak laki-laki terbiasa bersih-bersih dan berganti pakaian sebelum tidur. Promo pakaian tidur anak lelaki di MatahariMall membuat kita leluasa memilihkan pakaian tidur berkualitas yang nyaman untuk anak. Kita juga bisa mengajak anak memilih sendiri pakaian tidur yang diinginkannya. Hal sederhana ini membuat anak jadi bertanggung jawab terhadap pilihan yang sudah ditetapkannya.

Orang Tua Harus Mengenal Teman-Teman Anak
Orang tua yang mengenal teman-teman anak juga merupakan bagian dari kedisiplinan. Jika kita mengenal teman-teman anak, maka kita tidak kesulitan mencari anak ketika anak kita belum pulang ke rumah. Kita juga bisa membantu mengawasi pergaulan anak agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang bersifat negatif..

Anak yang terbiasa dengan aturan disiplin tidak akan merasa dikekang oleh orang tua. Kita pun wajib menempatkan diri sebagai orang tua modern yang bisa menjadi sahabat bagi anak-anak.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top