Breaking

Tips Mempersiapkan Perlengkapan Lamaran Pernikahan

Persiapan seserahan atau yang disebut juga dengan perlengkapan lamaran pernikahan juga merupakan persiapan yang tak kalah penting. Hal ini menjadi persiapan penting mengingat seserahan merupakan sebuah perlengkapan wajib yang diberikan kepada calon pengantin perempuan.


Untuk Anda yang sedang bingung mencari persiapan yang cocok untuk perlengkapan lamaran, berikut kami paparkan tipsnya untuk mempermudah Anda saat memilih perlengkapan yang tepat.


1.  Membuat List Perlengkapan Lamaran


Untuk memudahkan Anda, pertama-tama silahkan buat list atau daftar perlengkapan apa saja yang harus Anda siapkan. Silahkan catat kebutuhan-kebutuhan yang paling penting terlebih dahulu.


Kebutuhan seserahan yang paling penting untuk diutamakan seperti set perhiasan (mas kawin), pakaian (luaran maupun pakaian dalam), perlengkapan ibadah dan aksesoris pakaian seperti tas, dompet, sandal, sepatu dan lainnya.


Setelah itu, barulah Anda membuat list beberapa perlengkapan tambahan. Adapun perlengkapan tambahan yaitu seperti kosmetik, skincare,  buah-buahan, makanan tradisional, dan lainnya.



2.  Libatkan Pasangan Saat Membuat List


Membuat list perlengkapan atau seserahan alangkah baiknya dilakukan berdua dengan pasangan. Tujuannya agar jenis perlengkapan yang akan Anda beli sesuai dengan keinginan dan yang biasa digunakan oleh pasangan Anda.


Contohnya pada saat membuat list perhiasan untuk seserahan, tentukan jenis dan juga ukurannya dengan pasangan Anda. begitu juga pada saat memilih kosmetik dan skin care yang juga harus sesuai dengan keinginan pasangan.


3.  Perhatikan Budgeting


Hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mencantumkan juga budget pada setiap barang yang sudah masuk ke dalam list. Meskipun harganya tidak sesuai dengan yang ada di pasaran, namun setidaknya Anda bisa mengetahui estimasi berapa biaya yang harus disiapkan.


Akan tetapi, lakukan survei terlebih dahulu sebelum Anda membuat budgeting. Silahkan survei dengan meminta bantuan orang yang  berpengalaman atau melakukan survei langsung ke lapangan agar Anda bisa mendapatkan estimasi biaya yang akurat.


4.  Belanja Jauh-Jauh Hari


Perlu Anda ketahui, ada banyak sekali persiapan yang harus Anda kerjakan menjelang prosesi pernikahan. Persiapan membeli seserahan adalah salah satu dari sekian banyaknya persiapan-persiapan yang harus Anda kerjakan.


Agar tidak keteteran waktu, sebaiknya Anda persiapkan jauh-jauh hari. Begitu juga saat proses membelinya. Barang-barang tersebut bisa Anda beli satu per satu jauh hari sebelum tanggal pernikahan Anda dilangsungkan.


5.  Belanja Sesuai dengan Budget yang Tertulis


Tujuan membuat list perlengkapan untuk pernikahan tidak hanya sekedar untuk mengetahui apa saja barang-barang yang harus disiapkan. List tersebut juga bermanfaat untuk Anda yang ingin mengoptimalkan budgeting.


Saat mulai belanja, pastikan Anda hanya belanja sesuai dengan list yang sudah ada. Tujuannya agar biaya yang Anda keluarkan tidak membengkak dalam satu ‘wadah’ saja. Maka dari itu, pastikan pembuatan list perlengkapan yang Anda buat sudah benar-benar fix atau tidak ada perubahan lagi agar tidak mengganggu persiapan finansial.


6.  Hemat dalam Berbelanja


Ada banyak cara untuk menghemat anggaran belanja seserahan tanpa harus mengurangi barang maupun kualitasnya. Contohnya seperti hunting diskon, promo, hingga cashback. Cara ini bisa Anda gunakan untuk bisa menghemat pengeluaran biaya. Dengan begitu, biaya yang Anda hemat bisa Anda alokasikan untuk biaya yang lain.


Persiapan yang optimal dengan cara membuat list akan membantu Anda untuk memaksimalkan persiapan finansial Anda dalam prosesi pernikahan.


Demikian penjelasan seputar cara mengoptimalkan budgeting saat mempersiapkan perlengkapan lamaran pernikahan. Untuk Anda yang sedang mencari model set perhiasan pernikahan kekinian, Anda bisa mendapatkannya hanya di The Palace.

No comments:

Powered by Blogger.