Breaking

Pastikan Liontin Berlian Asli atau Palsu dengan Tes Ini!


Saat membeli sebuah liontin, apalagi yang terbuat dari berlian, haruslah benar-benar cermat. Karena liontin berlian asli pastinya harganya sangat mahal. Salah sedikit saja akan memberikan banyak kerugian.


Untuk membedakan mana berlian asli dan palsu tentu tidak bisa dilakukan dengan asal. Harus ada campur tangan profesional, hingga adanya sertifikat. Nah, bagaimana caranya menentukan mana berlian asli atau palsu?


Menggunakan Kaca Pembesar Khusus Berlian


Kaca pembesar berlian atau disebut dengan diamond loupe ini menjadi alat dalam menentukan apakah sebuah berlian asli atau palsu. Dengan alat ini, pembesaran bisa dilakukan minimal 10 kali, sehingga si pengamat akan melihat detail berlian dengan baik.


Pada berlian asli, jika diamati menggunakan loupe ini pada bagian sisi tepinya akan terlihat tajam. Berbeda dengan berlian palsu yang akan terlihat cenderung bulat.


Berlian yang asli juga jika dilihat menggunakan kaca pembesar ini terlihat adanya bercak. Bercak ini merupakan proses alami alam. Meski jika dilihat dengan mata telanjang tidak akan terlihat.


Berbeda dengan berlian palsu yang akan terlihat tanpa bercak. Namun, pengamatan menggunakan kaca pembesar ini tidaklah mudah. Harus dilakukan oleh para profesional.


Tes dengan Sinar Ultraviolet


Untuk membedakan mana berlian asli atau tidak juga bisa dengan menyinari dengan sinar UV. Amati berlian tersebut saat terkena sinar ungu ini. Jika ada pancaran warna biru pada berlian, bisa dipastikan bahwa berlian tersebut asli.


Adanya sinar UV ini dipengaruhi oleh adanya fluorescence. Hanya saja, beberapa berlian asli juga ada yang tidak memiliki kandungan ini. Sehingga Anda membutuhkan beberapa tes lainnya untuk mengetahui liontin berlian asli atau tidak.


Tes dengan Suhu yang Tinggi


Kita tahu bahwa berlian memiliki ketahanan yang luar biasa, karena memang berlian adalah bahan terkuat di dunia. Untuk mengetahui mana berlian yang asli atau tidak, bisa dengan tes ketahanan panas ini.


Caranya adalah dengan membakar berlian selama kurang lebih 40 detik menggunakan lilin atau semacamnya. Setelah itu, langsung masukkan ke dalam air.


Berlian yang asli tidak akan berpengaruh apa-apa. Sedangkan, berlian palsu bisa mengalami retak akibat perubahan suhu yang drastis tersebut.


Tes dengan Memasukkannya ke Dalam Air


Tes ini sangat sederhana. Letakkan berlian di gelas berisi air. Jika berlian bisa tenggelam, maka akan menunjukkan salah satu sifat berlian yang memiliki kepadatan tinggi.


Namun, jika berlian itu mengapung atau berada di tengah-tengah air. Bisa dipastikan berlian tersebut palsu.


Melihat Pantulan Cahaya Berlian


Tes ini bisa dilakukan dengan melihat pantulan cahaya yang masuk ke dalam berlian. Berlian yang asli akan memantulkan cahaya berwarna putih atau keabu-abuan. Pantulan cahaya tersebut juga memiliki warna-warni pelangi yang indah.


Sedangkan pada berlian palsu warna pelangi yang terbentuk hanya berada di dalam berlian. Tidak memancar seperti yang ada pada berlian asli.


Melihat pantulan cahaya berlian ini sebenarnya sangat sederhana. Hanya saja, bagi orang yang tidak memiliki pengalaman, tentunya akan bingung untuk menentukan mana berlian yang asli atau tidak.


Sertifikat Berlian


Berlian yang bersertifikat tentunya bisa dipastikan berlian ini asli. Berlian yang memiliki sertifikat memiliki ukuran minimal 0,18 karat. Sertifikat ini dikeluarkan oleh laboratorium pihak ketiga, dimana didalamnya dicantumkan spesifikasi dari berlian tersebut.


Jenis sertifikat yang paling banyak ditemui adalah GIA, Gemological Institute of America, yang merupakan laboratorium independen.


Pastikan Anda mendapatkan berlian asli yang Anda impikan. Liontin berlian model terbaru Volare yang merupakan bagian dari Fantasy Collection memiliki desain flying animals yang unik. Salah satu yang paling cantik berupa desain burung dengan baroque pearl 5,657 karat.


Liontin dengan konsep black and white ini juga memiliki 87 butir berlian VVS 0,419 karat, dan precious stone 0,969 karat. Desain yang pastinya sangat menawan, bukan?


Itulah cara mengetahui mana liontin berlian asli atau tidak dengan tepat. Pastikan Anda mendapatkan liontin berlian model terbaru dan original hanya di Mondial.

No comments:

Powered by Blogger.