Breaking

Simulasi Pembelian Properti Melalui KPR Yang Tepat

Sumber gambar : duwitmu.com

Simulasi pembelian properti melalui KPR merupakan kegiatan yang cukup penting untuk dilakukan jika pengajuan KPR anda telah disetujui. Tetapi kebanyakan orang mungkin salah satunya anda tidak mengetahui cara menghitungnya secara benar dan tepat. Syarat yang pertama untuk melakukan simulasi tersebut adalah permintaan KPR anda telah disetujui oleh bank dan langkah selanjutnya adalah menyiapkan biaya-biaya yang dibutuhkan untuk mengurusnya yaitu uang muka, biaya notaris, biaya provisi, balik nama, pajak pembeli , PBNP, dan uang untuk cicilan bulan pertama.

Baca Juga : Pertimbangkan Simulasi KPR untuk Membeli Rumah


Uang Muka

Siapkan uang muka sebesar 30% dari harga rumah yang ingin anda beli. Biasanya dalam penentuan jumlah uang muka ditentukan oleh bank. Uang tersebut tidak diberikan kepada bank melainkan kepada agen pemilik rumah.

Pokok kredit

Biaya ini harus dibayarkan oleh peminjam kepada bank senilai dengan hasil pengurangan harga rumah dengan uang muka.

Biaya provisi

Biaya jasa pinjaman dari bank untuk dibayarkan oleh peminjam kepada bank yaitu sebesar 1% dari pokok kredit. Tetapi lain bank lain ketentuan, walaupun demikian kebanyakan bank hanya menggunakan 1% saja.

Balik Nama

Biaya yang harus dikeluarkan yakni 1% dari harga rumah ditambah dengan biaya administrasi sebesar Rp. 500.000.

Pajak Pembeli

Pembeli akan dikenakan pajak dari berjumlah 5% dari hasil pengurangan harga rumah dengan NJOPTKP. Besarnya biaya NJOPTKP berbeda-beda berdasarkan lokasi rumah.

PBNP

Biaya ini dikenakan sebesar 1/1000 harga rumah ditambah dengan Rp. 50.000. Nilai nominal tersebut akan selalu berubah berdasarkan kebijakan dari pemerintah.

Cicilan bunga tetap

Cicilan per bulan bunga tetap dapat diperoleh dari penjumlahan pokok kredit dan total bunga dibagi tenor dalam satuan bulan. Total bunga diperoleh dari pokok kredit dikalilkan bunga per tahun kemudian dikalikan lagi dengan tenor dalam satuan tahun. 

Cicilan bunga efektif

Jika bunga bersifat efektif maka cicilan per bulan dirumuskan dengan saldo akhir periode dikalikan dengan hasil pembagian bunga selama 12 bulan.

Itu adalah cara melakukan simulasi pembelian properti melalui kpr yang tepat. Sekarang ini, jika anda ingin mengajukan KPR maka lebih baik ke Bank BTN, karena prosesnya yang cepat dan mudah karena dibimging oleh tenaga yang berpengalaman.

No comments:

Powered by Blogger.