Berbelanja secara online untuk sekarang ini memang sedang “booming” terjadi di Indonesia. Contohnya disetiap iklan komersial televisi sering kita saksikan berbagai iklan yang menayangkan berbagai tayangan tentang penjualan secara online. Berbagai produkpun dapat dijajakan dalam bisnis online, mulai dari produk elektronik sampai keperluan dapurpun tersedia/ Kita hanya tinggal memilih produk seperti apa yang diinginkan yang disesuaikan dengan keuangan yang ada. Peluang bisnis onlinepun semakin beragam dalam segi barang yang dijajakan. Jika di atas kebanyak kepada produk barang maka untuk yang sekarang dalam segi jasapun juga banyak bermunculan.


Mulai dari yang kemarin menjdai buah bibir tentang Go jek, jasa penyimpanan barang, jasa prabayar PLN, tagihan air, jasa laundry online, bahkan dampai kepada jasa tukang cukur online, yang semuanya bisa dipesan dengan menggunakan layanan internet. Hal ini tentunya menjadi peluang bisnis online yang menguntungkan untuk dicoba, sebagai bisnis sampingan atau bisnis utama. Namun dibalik kemudahan yang diciptakan dalam berbisnis online ini juga mengandung resiko yang kuat. Adanya kasus pemesanan barang yang tidak sesuai dengan gambar yang ditawarkan, penipuan barang yang dilakukan penjual, atau penipuan uang yang dilakukan pembeli. Menjadi hal yang harus mendapat perhatian lebih dalam transaksi penjualan dan pembelian barang secara online.

Tetapi seiring berjalannya waktu dan keprcayaan yang meningkat antar penjual dan pembeli berbagai penipuan seperti tadi sedikit banyak sudah mulai teratasi, walaupun tetap saja kita sebagai penjual barang online atau pembeli tetap harus berhati terhadap kasus penipuan yang dapat terjadi kapan saja saat kita lengah. Selain memanfaatkan berbagai aplikasi penjualan online yang telah ada, media sosial sekarang inipun dijadikan sebagai alat untuk melakukan transaksi penjulan dan pembelian secara online. Media seperti BBM, FB, Twitter, Instagram, dan yang lainnya menjadi media komunikasi sekaligus berbisnis yang cukup sukses dijadikan tempat penjualan online.

Oleh karenanya kejelian dalam memanfaatkan setiap peluang bisnis perlu ditingkatkan agar apa yang menjadi target bisnis bisa tercapai. Mengenai harga dalam penjualan online juga beragam mulai dari harga puluhan ribu sampai harga mobil yang puluhan dan ratusan juta rupiahpun ada. Atau dari barang yang berukuran kecil sampai kepada barang yang besar juga ada. Semuanya telah lengkap dan tersedia. Yang diperlukan disini adalah keahlian dan semangat pantang menyerah dalam mempromosikan barangnya kepada calon pembeli, apalagi jika dapat melakukan penjualan dengan penawaran yang berbeda dengan yang lain. Tentunya akan membuat banyak pembeli yang datang untuk membeli.
digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top